Find Us On Social Media :

Kemerdekaan Indonesia Bak Bencana Bagi Australia, Sejak Zaman Soekarno Hingga Invasi Timor Leste, Ternyata Inilah Hal yang Amat Ditakutkan Australia dari Indonesia

By Afif Khoirul M, Senin, 19 Oktober 2020 | 15:42 WIB

Ilustrasi anggota TNI

Intisari-online.com - Kemerdekaan Indonesia, menandakan bahwa NKRI adalah negara yang terbebas dari cegkeraman kolonialisme barat.

Hal itu ternyata menjadi kabar buruk bagi negeri tetangga Australia, seperti dalam tulisan The Strategist, yang mengulas, "Bisakah Indonesia Menjadi Ancaman Masa Depan Australia?".

Sejak kemerdekaan Indonesia di bawah pimpinan Presiden Soekarno, Indonesia berubah menjadi negara yang Anti-Barat.

Dikatakan dalam tulisan itu, rezim Soekarno pada awal tahun 1960-an, menjalankan pemerintahan yang memusuhi barat termasuk Australia saat itu.

Baca Juga: Tak Sia-sia Prabowo Ngebet Beli hingga 15 Unit untuk Pertahanan Indonesia, Simak Kecanggihan Jet Bekas dari Austria Ini

Hal itupun menjadi ancaman besar bagi Australia, bahkan berlanjut hingga masa invasi Indonesia ke Timor Leste yang berakhir tahun 1999.

Saat era Soekarno, Indonesia memiliki partai Komunis dengan jumlah massa terbesar di dunia, setelah China  dan Uni Soviet.

Bahkan saat itu, Indonesia melancarkan serangan memusuhi Barat, melakukan konfrontasi dengan Malaysia dan Singapura, yang dibekingin Inggris dan Australia.

Tak main-main Indonesia juga memiliki segudang peralatan tempur menakutkan yang dibeli dari Moskow pada masa itu.

 Baca Juga: Seakan-akan Sudah Geram Bukan Main, Puluhan Ribu Demonstran Gelar Demo Meminta Perdana Menteri Pakistan Mundur, Sebut-sebut 'Dilantik Sepihak', Proyek dengan China Ini Sebabnya