Find Us On Social Media :

Greater Sunrise, Ladang Minyak Raksasa Tumpuan 'Harapan Hidup' Timor Leste, Apa Saja yang Terjadi dengan Kawasan yang Menyimpan Cadangan Minyak Bernilai Miliaran Dolar Itu?

By Khaerunisa, Senin, 19 Oktober 2020 | 15:09 WIB

Ilustrasi peta Timor Leste.

Intisari-Online.com - Dua puluh empat tahun setelah merdeka, Timor Leste kini masih menjadi negara paling miskin di dunia.

Pembangunan industri minyak di Timor Leste juga menghadapi hambatan pembiayaan, di mana negara ini diketahui masih berupaya mendapatkan investasi untuk keberlanjutan proyek tersebut.

Belakangan, China diyakini sebagai satu-satunya harapan Timor Leste sebagai mitra investasinya.

Sementara Australia menjadi pihak yang khawatir dengan mesranya hubungan antara negara tetangganya dengan China.

Baca Juga: Indonesia Menginvasi Timor Timur di Era Soeharto, Tapi Sosok Ini Pernah Katakan Jasa Presiden ke-2 RI Tidak akan Terlupakan oleh Rakyat Timor Leste

Keberhasilan proyek tersebut juga kerap disebut sebagai satu-satunya jalan bagi Timor Leste untuk bebas dari kemiskinan.

Selama ini, pendapatan Timor Leste sangat bergantung pada industri minyaknya.

Timor Leste memiliki sebuah ladang minyak bernilai miliaran dolar di laut bagian selatannya, yang dikenal sebagai Greater Sunrise.

Meski begitu, telah banyak yang terjadi di kawasan tersebut, termasuk melibatkan Timor Leste dalam sengketa berkepanjangan, bahkan baru bisa dikuasai secara luas hanya beberapa tahun lalu.