Find Us On Social Media :

Tahu Bakal Kalah dari Milik Negara-negara Arab, Begini Cerita tentang Shahak, Jet Tempur Israel yang Sukses Menghancurkan Negara-negara Arab secara 'Licik '

By Khaerunisa, Senin, 19 Oktober 2020 | 16:11 WIB

(ilustrasi) Perang Enam Hari

Intisari-Online.com - Dalam menghadapi perang, setiap kubu tentu memiliki taktik agar menang.

Hal itu juga dilakukan Israel dalam perang-perang melawan negara-negara Arab.

Israel berhasil mengalahkan negara-negara Arab dalam Perang Enam Hari (1967) dan Perang Yom Kippur (1973).

Namun, mereka juga menerapkan taktik jitu nan licik untuk meraihnya.

Baca Juga: Milik Israel Salah Satunya, Inilah Agen Rahasia Negara Paling Hebat di Dunia yang Nyaris Tak Pernah Gagal Jalankan Misinya

Untuk menghindari dikeroyok dalam pertempuran udara--misalnya satu jet tempur Mirage Israel harus melawan lima MIG-21 milik Arab--Angkatan Udara Israel akan mererapkan taktik "licik": menyerang terlebih dahulu sebelum diserang.

Bagaimana caranya? Militer Israel menerapkan strategi tempur dengan cara memilih menyerang jet-jet tempur Arab selagi masih di darat.

Saat Israel memutuskan untuk melakukan serangan dadakan (pre-emptive strike) pada 5 Juni 1967, jumlah pesawat yang dapat diandalkan sesungguhnya hanya 65 unit pesawat.

Pesawat-pesawat andalan AU Israel itu berasal dari jenis Mirage-IIICI buatan Prancis yang ditenagai satu unit mesin SNECMA Atar 9C dengan afterburner yang bisa melesat dengan kecepatan Mach 2.2.