Find Us On Social Media :

Mungkinkah Bila Seseorang Pernah Terinfeksi Covid-19 Bisa Terkena Lagi? Begini Penjelasannya!

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 14 Oktober 2020 | 18:00 WIB

(ilustrasi) Pasien Covid-19

Intisari-Online.com – Saat ini yang bisa dilakukan di tengah pandemi Covid-19 adalah menjaga kesehatan diri agar tidak terinfeksi, dan tetap waspada.

Namun, bagaimana bila akhirnya kita terinfeksi virus corona tersebut?

Yang paling utama dilakukan adalah jangan panik, setelah itu melakukan isolasi mandiri atau mendapatkan pengobatan yang seharusnya.

Mungkinkah bila seseorang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 dapat terkena virus ini lagi?

Menurut laporan kasus baru yang diterbitkan di Lancet Infectious Diseases, seseorang tidak hanya berpeluang terinfeksi Covid-19 dua kali, tetapi juga bisa lebih parah ketika terinfeksi untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Nekat Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19, Mendadak Relawan Ini Jatuh Sakit dengan Penyakit yang Tidak Diketahui, Penyelenggara Sampai Hentikan Uji Coba

Namun, beberapa ahli meningatkan bahwa masih banyak yang harus dipelajari tentang reinfeksi Covid-19, dan bahwa kasus yang muncul dalam pemberitaan kemungkinan besar tidak mewakili sebagian besar pengalaman dengan virus ini.

"Kami masih belajar tentang biologi virus dan biologi kami sendiri dalam hal menangani virus,” kata rekan penulis studi yang juga Direktur Laboratorium Kesehatan Masyarakat Negara Bagian Nevada, Mark Pandori, seperti dilansir TIME.

Studi itu merinci kasus seorang pria berusia 25 tahun yang tinggal di Nevada. Dia awalnya dinyatakan positif Covid-19 pada bulan April.

Gejala batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, mual, dan diare yang dialaminya hilang pada akhir April, dan kemudian dinyatakan negatif Covid-19.

Baca Juga: Terinfeksi Covid-19 hingga Tak Bisa Kampanye dan Ikut Debat, Putra Donald Trump: Ayah Saya Kehilangan Banyak Uang untuk Calonkan Diri Sebagai Presiden