Find Us On Social Media :

Menjadi Pendamping yang Baik untuk Penyembuhan Pasien Kanker Payudara, Ini 5 Tips yang Bisa Dilakukan, Salah Satunya Jadi Teman Curhat yang Baik

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 6 Oktober 2020 | 20:00 WIB

Menjadi pendamping penderita kanker.

Intisari-Online.com – Kanker payudara lebih banyak diderita oleh kaum hawa  dan menjadi pembunuh nomor dua setelah kanker serviks.

Namun, beberapa pasien kanker payudara dapat melewatinya dan dinyatakan sembuh asalkan melakukan pengobatan dengan baik dan perubahan gaya hidup.

Pasien dengan kanker stadium lanjut seperti kanker payudara metastasis, memiliki pilihan pengobatan jangka panjang yang dapat mempertahankan kualitas hidup yang baik.

Namun perlu mendapatkan dukungan perhatian dan psikososial guna membantu mengatasi tekanan psikologis pasien dan untuk membantu kesembuhan pasien tersebut.

Baca Juga: Mengenang Renita Sukardi: Meninggal di Usia Muda Karena Kanker Payudara, Siapa Sangka Lauk di Meja Makan Ini Bisa Jadi Penyebab Utamanya

Caregiver memainkan peran yang sangat krusial dalam proses pengobatan pasien kanker payudara metastatis, karena menyangkut berbagai aspek mulai dari kondisi fisik, emosional, sosial, keseharian, hingga aspek keuangan yang dihadapi pasien.

Dokter Cosphiadi Irawan, SpPD, KHOM, spesialis Penyakit Dalam Hematologi & Onkologi Medik menjelaskan, “Aktivitas seorang caregiver sangat penting sebagai faktor penunjang penyembuhan pasien kanker payudara metastatis selama pelaksanaan perawatan di rumah untuk melanjutkan terapi yang dianjurkan oleh dokter dan setelah dirawat di rumah sakit oleh perawat.”

Sementara itu, Ketua Makasar Cancer Care Community (MCCC) Dr. Dra. Nurlina Subair, MSi menerangkan,“Caregiving dapat dilakukan oleh siapa saja dengan memahami cara pelaksanaannya, baik oleh suami, anak yang sudah dewasa, orang tua, saudara lainnya, teman ataupun tetangga, sepanjang dipelajari untuk meredakan penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup dari pasien dan keluarganya, serta membantu meningkatkan kehidupan psikososial dari pasien."

Berikut ini 5 tips bila ingin menjadi caregiver yang baik, seperti disarikan dari webinar “Pentingnya Peranan Keluarga dan Komunitas  Dalam Proses Pengobatan Pasien Kanker Payudara  Metastatis HR-positif, HER2-negatif" oleh Pfizer Indonesia  (30/09/2020).

Baca Juga: Sayuran Ajaib, Tak Hanya Atasi Maag hingga Kanker Payudara, Siapa Sangka Kubis Juga Diklaim Bisa Bantu Melawan Virus Corona