Find Us On Social Media :

Lompatan Besar! 500 Kapal Laut Akan Dibangun Militer AS untuk Mengungguli Lawannya, Bagaimana Caranya?

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 30 September 2020 | 09:04 WIB

Bagaimana Militer AS Dapat Membangun 500 Kapal Angkatan Laut

Intisari-Online.com - Tampaknya menjadi perkembangan besar: Angkatan Laut AS sedang mencari 500 kapal Angkatan Laut untuk ekspansi besar-besaran dan ambisius guna mengungguli kekuatan saingannya yang tumbuh cepat.

Mengutip dokumen yang diperoleh oleh surat kabar tersebut, laporan Defense News menyatakan bahwa Studi Angkatan Laut Angkatan Darat yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan akan merekomendasikan ukuran armada sebesar 530 lambung, yang terdiri dari kapal berawak dan tak berawak.

Rincian tambahan, menurut laporan Defense News, mengatakan Pentagon dapat mengurangi jumlah kapal dek besar dan meningkatkan jumlah kapal yang lebih kecil, lebih cepat, lebih gesit yang dimaksudkan untuk beroperasi bersama-sama dengan kapal drone.

Prospek ini, jika membuahkan hasil, akan menjadi langkah yang sangat besar karena merupakan lompatan besar yang diusulkan di luar rencana Angkatan Laut 355 kapal yang ada.

Baca Juga: Pasukan Darat Korea Utara Punya 6.000 Tank hingga 15.000 Artileri, Namun Benarkah Itu Militer yang Kembung, Terbelakang, dan Lumpuh?

Ada banyak alasan mengapa ini benar-benar dapat bergerak maju, mengingat keadaan ancaman internasional, teknologi yang muncul dan strategi Operasi Maritim Terdistribusi Angkatan Laut.

Pertama dan terpenting, sekarang diketahui bahwa Angkatan Laut China telah melampaui Amerika dalam hal jumlah dan juga membuat kemajuan dengan bidang terobosan teknis canggih yang luas.

Laju pembangunan kapal cepat China telah membuat khawatir Pentagon, karena Beijing telah bergerak sangat cepat untuk menambahkan kapal serbu amfibi baru, kapal induk, kapal perusak siluman, dan kapal selam rudal balistik.

Banyak dari kapal ini juga dikenal menggunakan sistem persenjataan canggih seperti rudal balistik bersenjata nuklir baru yang mampu mencapai target sejauh 4.000 mil.

Baca Juga: 3 Hari Sudah Perang Berkobar, Mari Tilik Perbandingan Militer Azerbaijan Vs Armenia, Siapa Terkuat?