Find Us On Social Media :

Liar! Persenjataan China Harus Dikendalikan, AS dan Dunia Harus Kerahkan Semua Tekanan Politik, Militer, Ekonomi, dan Diplomatik untuk Satu Tujuan Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 27 September 2020 | 10:48 WIB

rudal balistik China DF-26 jarak menengah

Intisari-Online.com - Amerika Serikat dan dunia harus mengerahkan semua tekanan politik, militer, ekonomi, dan diplomatik yang tersedia untuk membuat China menandatangani iterasi berikutnya dari Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START) atau langkah-langkah pengendalian senjata lainnya.

China tetap menjadi kekuatan nuklir terbesar tanpa tingkat transparansi atau batasan yang diberlakukan oleh perjanjian.

Perjanjian START yang ditandatangani satu dekade lalu antara Amerika Serikat dan Rusia akan berakhir pada Februari, dan pemerintahan Trump ingin China menandatangani.

Presiden Trump menganjurkan masuknya China dalam perjanjian nuklir selama panggilan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Mei dan sekali lagi pada Juli.

Baca Juga: Buyarkan 'Mimpi' Saddam Hussein, Mossad Gesit Lakukan Sabotase dari Ledakkan Gudang Irak, Pembunuhan, Tabrak Lari, Beri 'Penyakit Mirip Flu' Mendadak, hingga Meracuni Makanan Target

Negosiator nuklir utama presiden Duta Besar Marshall Billingslea menekan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov untuk menekan China agar bergabung dengan perjanjian kendali senjata berikutnya.

China tetap menjadi pemain besar dalam persaingan nuklir global satu dekade lalu dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Rusia.

Itu akan berubah.

Baca Juga: Dilengkapi Rudal yang Mampu Menjangkau hingga 2.600 km, Inilah Kapal Selam Nuklir Kazan Tercanggih Rusia yang Mematikan