Find Us On Social Media :

Gemparkan Dunia, Tiongkok Tiba-tiba Kerahkan 300 Kapal Ke Perairan Peru dan Ekuador, Dalam Sekejap Pantai Amerika Selatan Tegang

By Maymunah Nasution, Kamis, 24 September 2020 | 19:53 WIB

Kapal China melintas di perairan Malaysia.

Intisari-online.com - Situasi di pantai Pasifik Amerika Selatan memanas.

Melansir Los Angeles Times, kondisi itu dipicu oleh aksi armada penangkap ikan raksasa Tiongkok yang terdiri dari sekitar 300 kapal bergerak dari tepi cagar laut Galapagos ke perairan lepas Peru.

Pada Selasa sore, dalam pidatonya di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Presiden Trump mengecam China atas berbagai masalah, mulai dari virus corona hingga hak asasi manusia.

Dia juga menyoroti aksi penangkapan ikan dan perilaku maritim Tiongkok, dengan mengatakan bahwa negara tersebut membuang jutaan dan jutaan ton plastik dan sampah ke lautan, menangkap ikan berlebihan di perairan negara lain dan menghancurkan terumbu karang.

Baca Juga: Amerika Tidak Lebay, Huawei Memang Jauh Lebih Berbahaya dari yang Kita Duga, Akar Masalahnya Ada di Partai Komunis China

Tak lama setelah itu, Kedutaan Besar AS di Peru mengeluarkan cuitan yang mengatakan mega-armada China berada di lepas pantainya.

Kedutaan AS di Peru menuduh armada tersebut mengubah nama kapal dan menonaktifkan pelacakan GPS untuk membatasi pengawasan aktivitas armada.

"Penangkapan ikan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ekologi dan ekonomi yang sangat besar," kata tweet itu.

Peru tidak bisa menanggung kerugian seperti itu.

Baca Juga: Lakukan Diet Rendaman Air Bawang Putih Ini untuk Anda yang Ingin Tubuh Bugar, Hanya 10 Hari Akan Nampak Hasilnya Seperti di Tubuh Pria Ini