Find Us On Social Media :

Rencana 'Gila' China! 40 Kapal Perusak dalam 5 Tahun: Simak Agenda Pembuatan Kapal China, Akan Punya 400 Kapal dan 4 Kapal Induk pada 2025

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 19 September 2020 | 13:32 WIB

Militer China

Intisari-Online.com - Angkatan Laut China dapat menggandakan armada kapal perusaknya hanya dalam lima tahun ke depan, meningkatkan jangkauan, daya tembak, dan pertahanan rudal ke wilayah baru di seluruh dunia.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, yang sekarang memiliki dua puluh kapal perusak, diharapkan mengoperasikan sebanyak tiga puluh sembilan kapal perang dalam waktu lima tahun, sebuah langkah yang secara besar-besaran memperluas jangkauan serangan Angkatan Laut China.

“Pada pertengahan 2020, PLAN saat ini mengirimkan 20 kapal perusak tipe aegis modern dalam urutan pertempurannya, didukung oleh 11 kapal perusak jenis non-aegis yang lebih tua."

"20 kapal perusak tipe aegis modern ini terdiri dari enam Type 052C, 13 Type 052D, dan satu lead Type 055,” tulis sebuah pemberitaan di The Diplomat.

Baca Juga: Sering Beri Ancaman Perang ke Musuh, Terowongan Bawah Tanah Rahasia Kim Jong-Un Terungkap, Lihat Betapa Mengerikannya Isinya

Peningkatan kapal perusak sejajar dengan ekspansi Angkatan Laut China yang jauh lebih besar yang sekarang menyebabkan kekhawatiran di antara para pemimpin Pentagon.

Laporan Kongres awal tahun ini memetakan rencana modernisasi kapal induk ambisius China.

Mengutip bahwa Angkatan Laut China, sekarang memiliki 360 kapal, telah melampaui 297 kapal Angkatan Laut AS dalam hal ukuran.

Setelah meluncurkan kapal induk keduanya, Shangdong, China telah memulai pembangunan kapal induk ketiga yang lebih baru, jauh lebih mampu , menurut Laporan Layanan Riset Kongres Mei 2020, “Modernisasi Angkatan Laut China: Implikasi untuk Kemampuan Angkatan Laut AS. ”

Baca Juga: Kini Dicengkeram Kemiskinan, Ternyata di Masa Lalu Timor Leste Sokong Australia hingga Diperas Jepang dalam Pertempuran Timor Masa Perang Dunia II