Find Us On Social Media :

Kini Dicengkeram Kemiskinan, Ternyata di Masa Lalu Timor Leste Sokong Australia hingga Diperas Jepang dalam Pertempuran Timor Masa Perang Dunia II

By Khaerunisa, Sabtu, 19 September 2020 | 13:00 WIB

Bendera Timor Leste.

Intisari-Online.com - Timor Leste kini masih dicengkeram kemiskinan setelah 21 tahun lepas dari Indonesia.

Seperti diketahui, Timor Leste pernah menjadi bagian dari Indonesia sebelum hasil referendum yang digelar 30 Agustus 1999 menunjukkan bahwa mayoritas rakyat Timor Leste menginginkan kemerdekaan.

Melansir Kompas.com, laporan United Nations Development Programme (UNDP), Timor Leste berada di peringkat 152 negara sebagai negara termiskin di dunia dari 162 negara.

Angka PDB per kapita Timor Leste diperkirakan akan mencapai 2.356 dollar AS atau sekitar Rp 34,23 juta (kurs Rp 14.532) pada Desember 2020.

Baca Juga: Timor Timur di Tahun 1974, Dianggap Bakal Jadi 'Duri' Bagi Indonesia oleh Soeharto, Tapi Dianggap Tak Layak untuk Merdeka oleh Australia

Sementara itu, mengutip data Timor Leste Economic Report yang dirilis Bank Dunia pada April 2020, ekonomi Timor Leste bakal semakin terpuruk di 2020 karena pandemi virus corona (Covid-19) dan kondisi politik yang belum stabil.

Kini menjadi salah satu negara paling miskin di dunia, rupanya di masa lalu Timor Leste pernah berperan besar dalam pertempuran pasukan Australia melawan Jepang.

Tanpa rakyat Timor Leste yang saat itu dikenal sebagai Timor Portugis, mungkin para tentara dari negara-negara itu tak mampu bertahan di tengah medan perang.

Saat itu, Bumi Lorosae merupakan medan perang di masa Perang Dunia II (PD II).