Find Us On Social Media :

Dijuluki Orang Terkaya yang Pernah Hidup di Planet Bumi, Inilah Mansa Musa Raja Muslim yang Bikin Gempar Dunia Ketika Bawa 60.000 Rombongan Untuk Naik Haji

By Afif Khoirul M, Rabu, 16 September 2020 | 14:11 WIB

Mansa Musa orang terkaya yang pernah hidup di dunia.

Intisari-online.com - Jika Anda bertanya pada orang-orang tentang siapa orang terkaya di dunia, mungkin jawabannya adalah Jeff Bezos, Bill Gates, atau Warrent Buffett.

Meski jawaban itu tidak sepenuhnya salah, namun tercatat dalam sejarah adalah orang terkaya yang pernah hidup di planet ini adalah Mansa Musa.

Dia adalah seorang raja Muslim di Afrika yang pernah bikin gempar dunia karena melakukan perjalanan 4.000 mil ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji.

Bersama dengan 60.000 rombongannya dan pelayannya, perjalanan itu tercatat dalam sejarah.

Baca Juga: Coba Minum Air Rebusan Terong Selama 7 Hari, Rasakan Manfaatnya yang Luar Biasa untuk Tubuh, Salah Satunya Turunkan Kolesterol, Mau Coba?

Musa terlahir tahun 1280, nama Mansa artinya adalah Sultan, dalam bahasa Mandinka yang digunakan di wilayah kekuasaannya.

Dia naik tahta tahun 1312, dan 25 tahun memerintah kerajaan Mali yang berkebang pesat, mencakup daerah Senegal, Mali, Burkina Faso, Niger, Guinea, dan Pantai Gading.

Beberapa sejarawan mencatat kekayaan Mansa Musa adalah 400 miliar dollar AS, Rp5.939 triliun dalam kurs saat ini.

Kisahnya diabadikan oleh Ibn Khaldun, Ibn Fazlullah al Omari, Abudllah es Sa'adi, yang pernah mengunjungi Mali.

Baca Juga: Diam-diam Mematikan, Terkesan Diam Sampai Didesak untuk Lakukan Perlawanan, Turki Ternyata Punya Pasukan Bayangan yang Siap Bergerak Jika Diperintah Erdogan