Find Us On Social Media :

Tak Terima WTO Pergoki AS Langgar Aturan Dagang terhadap China, Trump Ngamuk Sebut WTO Mengerikan

By Tatik Ariyani, Rabu, 16 September 2020 | 11:14 WIB

Presiden AS Donald Trump

Intisari-Online.com - Pada hari Selasa, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menemukan bahwa Amerika Serikat melanggar aturan perdagangan global dengan memberlakukan tarif miliaran dolar dalam perang dagang Presiden Donald Trump dengan China.

Hal tersebut pun langsung memicu kemarahan dari Washington.

Pemerintahan Trump mengatakan tarif yang diberlakukan dua tahun lalu dengan menetapkan lebih dari $ 200 miliar terhadap barang-barang China dibenarkan.

Melansir Reuters, Selasa (15/9/2020), AS beralasan hal itu dikarenakan China mencuri kekayaan intelektual dan memaksa perusahaan AS untuk mentransfer teknologi untuk akses ke pasar China.

Baca Juga: Mengagumkan, Jenius Berhasil Berjaya di Ajang Indonesia Content Marketing Awards 2020, Sabet 3 Penghargaan Hebat Ini

Tetapi panel beranggotakan tiga orang WTO mengatakan bea masuk AS melanggar aturan perdagangan karena hanya berlaku untuk China dan di atas tarif maksimum yang disetujui oleh Amerika Serikat.

Washington kemudian tidak cukup menjelaskan mengapa tindakannya merupakan pengecualian yang dibenarkan, panel menyimpulkan.

"Laporan panel ini menegaskan apa yang telah dikatakan pemerintahan Trump selama empat tahun: WTO sama sekali tidak memadai untuk menghentikan praktik teknologi berbahaya China," kata Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer sebagai tanggapan.

Sementara itu, Kementerian Perdagangan China mengatakan Beijing mendukung sistem perdagangan multilateral dan menghormati aturan dan putusan WTO, dan berharap Washington akan melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Dikirim TNI AU ke Perbatasan Timor Leste dan Australia, Rupanya Jet Tempur F-16 Punya 6 Keunggulan Berikut, Punya Senjata yang Sangat Mematikan!