Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 16 September 2020: Tak Hanya DKI Jakarta, Bekasi dan Depok Mulai 'Dipenuhi' Pasien Covid-19, 'Sampai Isolasi Mandiri Saja Tak Mampu'

By Maymunah Nasution, Rabu, 16 September 2020 | 07:51 WIB

(Ilustrasi) Pasien Covid-19

Intisari-online.com - Jumlah pasien Covid-19 di Indonesia sudah mulai lebihi kapasitas yang bisa ditanggung total rumah sakit di Indonesia.

Bahkan, isolasi mandiri sepertinya sudah tidak memadai.

Mengutip Kompas.com, Bekasi terapkan isolasi mandiri bersama bagi pasien Covid-19 yang tidak memiliki tempat isolasi yang memadai.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebutkan pasien Covid-19 yang tidak memiliki tempat isolasi yang memadai akan dipindah ke Stadion Patriot.

Baca Juga: Setelah Alami Nasib yang Jungkir Balik dan Mendapat Hidayah, Satu Keluarga Pengusaha Terpandang Ini Putuskan Jadi Mualaf, ‘Perasaan Hati Jadi Sejuk dan Tenang’

Ia khawatir isolasi mandiri di tempat yang tidak memadai justru menimbulkan peningkatan klaster keluarga di lingkungan tempat tinggal pasien Covid-19 tersebut.

"Bukan tidak dianjurkan (isolasi mandiri), yang punya (tempat isolasi) dan representatif silahkan.

Kalau rumahnya kecil lalu menularnya dua atau tiga anggota klaster keluarga, ya kita pindahkan ke sini biar enak kalau di sini (stadion), bersih,” ujar Rahmat, Selasa (15/9/2020).

Namun jika pasien Covid-19 itu mempunyai rumah luas dan kebutuhannya bisa terjamin, dia mempersilahkan untuk isolasi mandiri.

Baca Juga: Belum Juga Lakoni Malam Pertama, Pengantin Wanita Ini Sudah Diusir Mertua dari Pernikahannya Setelah Ketahuan Masih Punya Suami Sah Padahal Ngakunya Janda Ditinggal Mati