Find Us On Social Media :

Musuhnya Bukan Hanya Manusia, Ini Kisah Pertempuran Sengit Tentara Indonesia di Timor Leste, Berangkat 30 Prajurit Pulang Hanya Tersisa 9 Orang

By Khaerunisa, Kamis, 10 September 2020 | 17:05 WIB

(ilustrasi) ABRI di Timor Leste

Intisari-Online.com - Di masa lalu, pertempuran demi pertempuran terjadi di Timor Leste antara tentara Indonesia melawan pasukan Bumi Lorosae.

Dalam pertempuran itu, tentara Indonesia harus menghadapi medan yang berat, belusukan ke hutan dan gunung di Timor Leste.

 

Salah satu kisah dramatisnya tertuang dalam '328 Para Battalio, The Untold Stories of Indonesian Legendary Paratroopersm Setia-Perkasa-Rendah Hati' terbitan Elex Media Komputindo.

Dalam buku itu mengungkap cerita mengungkap kisah yang dituturkan oleh seorang prajurit yang selamat dari medan perang di Timor Timur.

Baca Juga: Menyamar Jadi Gondrong Demi Mengecoh Fretilin di Timor Leste, Ini Kisah Penuh Tantangan Tentara Indonesia hingga Memakan Korban Jiwa

Salah satunya adalah pengalaman 30 prajurit ABRI yang dikisahkan dalam buku '328 Para Battalion, The Untold Stories of Indonesian Legendary Paratroopers, Setia-Perkasa-Rendah Hati' terbitan Elex Media Komputindo.

Dari 30 prajurit ABRI yang diberangkatkan, cuma 9 orang yang pulang dengan selamat.

Pertempuran itu berlangsung sengit, tentara Indonesia juga bukan menghadapi musuh manusia saja, melainkan juga alam dan penyakit.

Kronologi ceritanya dibeberkan oleh seorang prajurit ABRI bernama Sersan Mayor Didin Somantri.