Find Us On Social Media :

Warga Indonesia Boleh Bernapas Lega, Vaksin Merah Putih Sudah 50% Siap, Ditargetkan Siap Pakai pada Akhir Tahun 2021 dan Bisa Digunakan Serempak

By Mentari DP, Sabtu, 5 September 2020 | 11:55 WIB

Vaksin virus corona (Covid-19).

Intisari-Online.com - Setiap negara tengah berusaha membuat vaksin virus corona (Covid-19).

Tak terkecuali Indonesia.

Menurut Kepala Lembaga Biologi Molekuler Lembaga EijkmanAmin Soebandrio, pengembangan vaksin Merah Putih saat ini terus berjalan.

Ia mengatakan, proses pengembangan vaksin untuk Covid-19 itu sudah 50 persen.

Baca Juga: Digadang-gadang Seperti Wuhan, Ternyata Bali Jadi Provinsi Terbaik dalam Menangani Covid-19 di Indonesia, Jumlah Kasus Rendah Walau Didatangi Ratusan Ribu Turis, Punya 54 Kebijakan!

"Sudah 50 persen, kami tinggal menunggu protein rekombinan itu dari sistem ekspresi yang menggunakan sel mamalia," kata Amin pada Jumat (4/9/2020).

Amin berharap dalam dua sampai tiga bulan ke depan Eijkman bisa melakukan uji praklinis vaksin Merah Putih pada hewan yang dikembangkan dengan platform subunit protein rekombinan.

"Diharapkan bisa selesai di awal tahun depan," kata Amin.

Mengenai kemajuan proses pengembangan vaksin, Amin menjelaskan bahwa saat ini Lembaga Eijkman sudah bisa mengamplifikasi gen sasaran dari bagian virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Baca Juga: Militer China Dinilai Bar-bar Terhadap Warga Hong Kong, PBB Kirim Surat Kritik kepada Pemerintah Negeri Panda, 'Mereka Melanggar Banyak Hal...'