Find Us On Social Media :

Digadang-gadang Seperti Wuhan, Ternyata Bali Jadi Provinsi Terbaik dalam Menangani Covid-19 di Indonesia, Jumlah Kasus Rendah Walau Didatangi Ratusan Ribu Turis, Punya 54 Kebijakan!

By Mentari DP, Sabtu, 5 September 2020 | 10:40 WIB

 

Intisari-Online.com - Ketika pandemi virus corona (Covid-19) dikonfirmasi masuk ke Indonesia, Provinsi Bali disebut-sebut akan menjadi provinsi dengan kasus positif terbanyak di Indonesia.

Sebab, sama seperti Wuhan, Bali dipenuhi oleh turis asing dari seluruh dunia.

Namun faktanya berkebalikan.

Provinsi Bali dapat dikatakan sebagai provinsi yang paling siap berhadapan dengan pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Baca Juga: Militer China Dinilai Bar-bar Terhadap Warga Hong Kong, PBB Kirim Surat Kritik kepada Pemerintah Negeri Panda, 'Mereka Melanggar Banyak Hal...'

Di bawah kepemimpinan Gubernur I Wayan Koster, Provinsi Bali mengambil langkah preventif saat pandemi Covid-19 mulai mewabah pada di Wuhan, Hubei, China pada awal Januari 2020.

Antisipasi cepat Pemprov Bali terhadap pandemi Covid-19 tak lepas dari pengalaman menangani bencana terdahulu seperti SARS, ditambah fakta bahwa Bali adalah destinasi wisata favorit para turis mancanegara, termasuk wisatawan China.

Pemprov Bali sejauh ini telah mengeluarkan 54 produk kebijakan untuk menangani pandemi Covid-19.

Kebijakan tersebut terdiri dari Surat Edaran Gubernur dan Sekda, Keputusan Gubernur, Imbauan Gubernur, SK Bersama, Instruksi Gubernur, Surat Pemberitahuan Gubernur, Seruan Bersama, Protokol Kesehatan dan Risalah Rapat.

Baca Juga: Dibelenggu Rantai hingga Dipaksa Minum Obat di Tengah Pandemi Covid-19, Malaysia Tolak Permintaan Ekstradisi Pengungsi Muslim Uighur ke China, 'Kami Tidak Akan Melakukannya'