Find Us On Social Media :

Pernah Berlagak Sok Musuh Bebuyutan Indonesia, Malaysia Ternyata Pernah Memelas Seperti Ini Pada Indonesia, Hanya Demi Sebuah Pencitraan Negeri Jiran

By Afif Khoirul M, Jumat, 4 September 2020 | 18:41 WIB

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad (kiri) bersama Presiden RI Joko Widodo

Intisari-online.com - Konfrontasi Indonesia-Malaysia pada tahun 1969 memang sudah reda, rampung.

Namun perlu diketahui bahwa pada bulan Mei tahun 1969 negeri Jiran tersebut malah mengalami kisruh.

Kisruh itu bukan karena agresi negara lain, melainkan huru-hara antar etnis di Malaysia sendiri yang menimbulkan gejolak keamanan serius.

Sialnya, tahun itu di Malaysia sudah terdapat agenda pelaksanaan berbagai kegiatan multinasional.

Baca Juga: Kerahkan 7.000 Tentara dalam Lebih dari 80 Pesawat Militer di Angkasa hingga Putus Asa, Sama Misteriusnya seperti MH370: Pesawat Amerika Menghilang 70 Tahun Tanpa Jejak

Salah satunya agendanya ialah pagelaran turnamen sepakbola Asia Tenggara, Merdeka Games.

Tunku Abdul Rahman selaku Perdana Menteri Malaysia saat itu juga sempat ketar-ketir lantaran kondisi keamanan yang memburuk bisa mencoreng nama Malaysia di mata nasional jika Merdeka Games batal digelar.

Walhasil, Tunku Abdul Rahman mengambil keputusan tetap nekat mengadakan Merdeka Games dan dipilih bulan Oktober 1969 sebagai waktu penyelenggaraannya.

Namun tak semudah membalikkan telapak tangan, negara-negara Asia Tenggara agak enggan mengirimkan timnas sepakbolanya untuk tampil di Merdeka Games 1969.

Baca Juga: Jual Daging Sapi dengan Harga Murah Meriah, Tak Disangka yang Dijual Pria Ini Adalah Daging Manusia, Caranya Bisa Dapat Barang Dagangan Sungguh Mengerikan!