Find Us On Social Media :

Meski China Meresahkan Dunia, Tak Di Sangka China Pernah Nyaris Bantu Jadikan Militer Indonesia Ditakuti Amerika dan Sekutunya Melalui Proyek yang Digaungkan Presiden Soekarno Ini

By Afif Khoirul M, Jumat, 4 September 2020 | 17:54 WIB

Seperti ini kekuatan militer Indonesia vs militer China.

Intisari-online.com - Mungkin saat ini sepak terjang China meresahkan dunia, tindakan klaim sepihak dan suka nylonong wilayah orang membuat resah banyak negara.

Termasuk Indonesia, di mana salah satu wilayahnya di kepulauan Natuna konon katanya juga menjadi incaran negeri tirai bambu tersebut.

Meski demikian tahukah Anda jika pada masa lalu China sempat nyaris bantu Indonesia menjadi salah satu militer terkuat yang ditakuti Amerika.

Seperti mengutip dalam buku "30 Tahun Indonesia Merdeka (1977)", melalui Harian Surya tepatnya pada 16 Januari 1965.

Baca Juga: Buka Baju Istrinya Pada Saat Malam Pertama, Sang Suami Syok Bukan Main Melihat Tanda Ini di Perut Istrinya, Sampai Menamparnya 2 Kali, Endingnya Sang Suami Menyesal Setelah Tahu Kenyataan Ini

Presiden Indonesia Soekarno meresmikan Pusat Penelitian Nuklir dengan menggunakan reaktor IRI-2000 dari Uni Soviet.

Pusat Penelitian Nuklir itu awalnya memiliki tujuan untuk mengembangkan reaktor nuklir.

Namun, secara terselubung Presiden Soekarno mengarahkannya untuk dijadikan senjata perang, di mana Indonesia secara terbuka berniat membuat senjata nuklir.

Itu terungkap dalam jurnal internasional, berjudul "When Soekarno Sought the Bomb Nuclear Aspiration in Mid-1960's" yang ditulis Robert M Cornejo, tentara sekaligus peneliti militer AS.

Baca Juga: Ingatlah Indonesia, Tiongkok akan Selalu Bermuka Dua Soal Laut China Selatan, Berlagak Tawarkan Proposal Pembangunan, Sambil Pura-pura Tuli Soal Klaim Ngawurnya di Laut Natuna