Find Us On Social Media :

Departemen Pertahanan AS Secara Resmi Sebut Indonesia Bakal Jadi Pangkalan Militer China, Menlu Retno Beri Jawaban yang 'Mematahkan Hati'

By Ade S, Jumat, 4 September 2020 | 16:32 WIB

Salah satu pulau di Kepulauan Spartly di Laut China Selatan

Intisari-Online.com - Sebuah laporan yang dirilis Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebut Indonesia bakal jadi pangkalan militer China. Benarkah?

Sebuah laporan resmi yang dikeluarkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah membuat gempar banyak pihak.

Pihak yang paling dibikin kalang kabut atas laporan tersebut tentu saja adalah China.

Negara yang kini berseteru dalam berbagai bidang dengan Negeri Paman Sam.

Baca Juga: Dari Kalah Jumlah hingga Lakukan Modernisasi Militer, Ini 5 Fakta Militer China Terbesar di Dunia Versi Pentagon

Apalagi dalam laporan tersebut diuraikan seberapa kuat militer China saat ini, yang bahkan disebut telah melampaui militer AS.

Tak cukup sampai di situ, laporan resmi Pentagon tersebut juga bagaimana China berencana membangun pangkalan militer di beberapa negara di dunia.

Yang lebih mengejutkan, khususnya bagi warga Indonesia, adalah munculnya nama Indonesia dalam daftar negara calon pangkalan militer China.

Tentu saja laporan tersebut tidak dapat dipandang sebelah mata karena dikeluarkan oleh lembaga resmi AS. Namun, apa jawaban pemerintah Indonesia?

Baca Juga: Makanya China, Kalau 'Ada Beras, Taruhlah Dalam Padi', Jadi Tak Perlu Kalang Kabut saat Militernya Disebut Sudah Kangkangi Amerika dan Jadi Ancaman Dunia