Find Us On Social Media :

Memang Israel Lain daripada yang Lain! Semua Jet Tempur F-35 di Dunia Sama, Kecuali Kepunyaan Israel, Apa Istimewanya?

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 27 Agustus 2020 | 12:50 WIB

Semua Jet Tempur F-35 di Dunia Sama, Kecuali di Israel

Intisari-Online.com - Selama lima puluh tahun, Amerika Serikat telah menyediakan pesawat tempur top-of-the-line untuk membantu mempertahankan Israel dari serangan.

Pengerahan F-35 Joint Strike Fighter Israel, yang dikenal secara lokal sebagai Adir, melanjutkan tradisi itu bahkan ketika negara itu menempatkan sentuhan teknologinya sendiri pada pesawat tempur generasi kelima.

Tidak seperti pelanggan F-35 lainnya, Israel memodifikasi pesawat tempurnya sejak awal untuk mengatasi tantangan keamanan unik dan kemampuan teknologi negara.

Amerika Serikat mulai mengirim pesawat tempur lini pertama ke Israel pada akhir 1960-an, ketika F-4E Phantom II bergabung dengan Angkatan Udara Israel.

Baca Juga: Belum Genap Sebulan Ledakan Hebat di Beirut, Lebanon Sudah Ribut dengan Israel, Suasana di Perbatasan Begitu Mencekam

F-4 diikuti oleh pesawat tempur superioritas udara F-15A Eagle pada tahun 1976, dan oleh pesawat tempur multiperan F-16A Fighting Falcon pada tahun 1980.

Pesawat-pesawat ini akhirnya diikuti oleh F-15C, pesawat tempur F-15I, dan F -16C dan F-16I.

Dengan pengecualian F-22 Raptor, armada tempur Angkatan Udara Israel dilengkapi juga dengan Angkatan Udara AS.

Israel pertama kali mengajukan permohonan untuk membeli F-35 pada September 2008, ketika meminta untuk membeli dua puluh lima jet dengan opsi untuk lima puluh lagi.

Baca Juga: Seperti Dongeng, Israel Temukan Harta Karun Ratusan Koin Emas yang Berasal dari 1.100 Tahun Lalu di Bawah Tanah, Peninggalan Dinasti Abbasiyah