Find Us On Social Media :

Problema Sampah Kemasan Makanan Bikin Sampah Semakin Menimbun, PRAISE Kenalkan Program Packaging Recovery Organization (PRO) Demi Jawab Itu, Seperti Apa?

By Maymunah Nasution, Kamis, 27 Agustus 2020 | 10:38 WIB

Peluncuran PRO untuk jawab tantangan timbulan sampah yang makin banyak

Intisari-online.com - Selama ini sampah kemasan makanan dan minuman menjadi masalah sendiri.

Pengelolaan sampah lama-lama makin sulit dikendalikan dan pengeluaran sampah semakin banyak setiap harinya.

Menghadapi tantangan itu, PRAISE (Packaging and Recycling Association for Indonesia Sustainable Environment) atau Asosiasi Untuk Kemasan dan Daur Ulang Bagi Indonesia yang Berkelanjutan luncurkan program Packaging Recovery Organization (PRO).

Peluncuran program itu dilaksanakan secara virtual beserta sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

Baca Juga: Disukai Banyak Orang, Siapa Sangka Minuman Ini Jadi Penyebab Mendiang Yana Zein hingga Atun Idap Penyakit Mematikan, Segera Kurangi!

Peluncuran virtual tersebut menggambarkan bagaimana PRO dapat menjadi salah satu solusi inovatif untuk menanggapi berbagai isu yang terdapat pada penanganan sampah kemasan di Indonesia, dengan melibatkan sektor formal maupun informal untuk mewujudkan sistem yang terintegrasi.

Sinergi dan komitmen yang terbentuk oleh berbagai pemangku kepentingan merupakan respons industri yang sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia dalam peningkatan sistem manajemen persampahan dan penerapan ekonomi sirkuler.

Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) per Februari 2019, jumlah timbulan sampah secara nasional mencapai 175.000 ton per hari atau setara dengan 64 juta ton per tahun.

Terlebih lagi, urgensi pengelolaan sampah di tengah kondisi pandemi global saat ini semakin terasa.

Baca Juga: Dari Kabar Koma Sampai Meninggal Dunia Hinggapi Kim Jong-Un, Siapa Sangka Rumor Tidak Sedap Itu Berasal dari Sosok Dengan Sejarah Mengerikan Ini!