Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 23 Agustus 2020: WHO Keluarkan Peraturan Baru Berkenaan dengan Masker, Tak Semua Anak Wajib Memakainya, Lalu Bagaimana?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 23 Agustus 2020 | 08:30 WIB

Covid hari ini

Intisari-Online.com - Covid hari ini masih menghantui dunia, Badan Kesehatan Dunia ( WHO) dan UNICEF pada Jumat (21/8/2020) menerbitkan panduan baru pada Jumat tentang kapan usia yang tepat bagi anak-anak untuk mengenakan masker.

WHO mewajibkan anak-anak di atas 12 tahun untuk memakai masker.

Kewajiban itu sama konteksnya dengan orang-orang dewasa, dalam upaya mengendalikan pandemi corona.

Kedua badan yang bernaung di bawah PBB itu telah mengumpulkan sekelompok pakar, untuk meninjau data-data tentang kontribusi anak-anak terhadap penyebaran virus corona, serta manfaat pemakaian masker oleh anak-anak.

Baca Juga: Hanya Santap Makanan Pemicu Kematian di Usia Muda Selama 4 Tahun Setelah Putus Cinta, Berat Badan Wanita Ini Kini Hanya Tinggal 35 Kg

Berdasarkan temuan itu serta pertimbangan seputar kebutuhan tumbuh kembang anak, mereka mengeluarkan saran yang berbeda-beda tergantung kelompok umurnya.

Oleh karenanya WHO menyarankan agar "anak-anak berusia di atas 12 tahun wajib pakai masker dalam kondisi yang sama seperti orang dewasa."

"Khususnya ketika mereka tidak dapat menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain, dan ada penularan yang meluas di daerah tersebut."

Dokumen tersebut juga mengakui bahwa masih banyak yang belum diketahui tentang sejauh mana kontribusi anak-anak terhadap penyebaran virus corona jenis baru ini.

Baca Juga: Dunia Bisa Terkena Getahnya, Menteri Ini Tiba-tiba Lontarkan Ancaman Perang Nuklir dengan India: 'Perang Darah Terakhir'