Find Us On Social Media :

Dulu Negara Ini Jajah Indonesia, Pasca Merdeka Pasukan Elit Portugal Hanya dipecundangi Indonesia di Timor Leste Padahal Sudah Dibantu Milisi Fretilin dari Timor Leste

By Afif Khoirul M, Jumat, 21 Agustus 2020 | 18:54 WIB

Militer Indonesia Ungguli Israel, Namun Dari Segi Kualitas Mesin Perang TNI Jauh Tertinggal

Intisari-online.com - Sudah tidak sekali dua kali Indonesia bersitegang dengan negara lain.

Ketegangan itu bahkan sering berbuah menjadi pertempuran.

Pertempuran-pertempuran itu secara tidak langsung membentuk mental baja para prajurit angkatan perang Indonesia.

Frente Revolucionária de Timor-Leste Independente atau Fretilin, ialah gerakan perlawanan kemerdekaan Timor Timur saat Indonesia menginvasi bumi Lorosae pada 7 Desember 1975.

Baca Juga: Sama-sama Bikin Repot TNI-Polri, Siapa Sangka Kehidupan Anggota KKB Papua Tak Harmonis, Justru Bersaing Tak Ubahnya Gengster, Saling Buat Ulah Demi Naikkan Pamor

Merekalah bersama Tropaz yang pertama kali adu tembak dengan personil Yonif Linud 501 dan Grup-1 Kopassus ketika tentara Republik Indonesia itu menyerbu Dili dari langit.

Kalah akan persenjataan dan disiplin militer, perlawanan Fretilin berhasil dipatahkan walau di pihak ABRI (sekarang TNI) jatuh korban sebanyak 35 personil.

ABRI berhasil merebut Dili, maka para milisi Fretilin mundur teratur masuk hutan untuk mengkonsolidasi perlawanan selanjutnya.

Fretilin memilih Gunung Matebian sebagai benteng terakhir dan terkuat.

Baca Juga: Jago Bertempur dan Bawa Senjata Lengkap, Ratusan Prajurit Terbaik Milik TNI AD Tiba di Palu, Ada yang Terjadi?