Find Us On Social Media :

Perkara Timor Leste Jadi Pemicunya, Australia Ternyata Pernah Nyaris Gempur Jakarta, Gara-gara Australia Ketar-ketir dan Amat Ketakutan dengan Senjata TNI AL Ini

By Afif Khoirul M, Minggu, 16 Agustus 2020 | 15:49 WIB

TNI AL bakal ketambahan mesin tempur baru

Intisari-online.com - Seperti yang kita ketahui, Indonesia dan Australia memiliki hubungan diplomatik yang naik turun.

Sementara itu, diketahui, Australia pernah bersitegang dengan Indonesia pada saat kasus Timor Timur (sekarang Timor Leste).

Pada saat itu, kehadiran Alutsista TNI di wilayah perbatasan menggambarkan betapa kekuatan TNI pada saat itu.

Salah satunya yang cukup mengganggu Australia adalah kapal selam TNI AL yang terus melakukan patroli di wilayah perbatasan.

Baca Juga: Tak Perlu Digempur, Ternyata Jika TNI AL Menempatkan Pasukan Militer di Kepulauan Natuna, Sudah Bisa Bikin Malaysia Jatuh Miskin, Kok Bisa?

Hal itu menyebabkan desas-desus penyerangan oleh Australia ke Ibu Kota Indonesia itu dimulai dari mendaratnya pasukan PBB pimpinan Australia dan Selandia Baru di Bumi Lorosae.

Takut adanya ancaman berbahaya saat mendaratnya interfect di Timor Timur, Australia melakukan persiapan mengamankan pendaratan dengan tekanan politis juga militer.

Salah satunya adalah melancarkan serangan ke ibukota Jakarta, pada September 1999.

Menurut The Telegraph dikutip dari Pos Kupang, kejadian ini diungkapkan oleh analis pertahanan Selandia Baru David Dickens, dari direktur Pusat Studi Stategi di Universitas Victoria, Wellington.

Baca Juga: Meski Kekuatan Militernya Jauh di Bawah China, Australia Akui Perang dengan China Mungkin Terjadi, Langsung Gandeng Negara Ini Untuk Jadi Sekutu