Find Us On Social Media :

Bermutasi Jadi 10 Kali Lebih Menular, Begini Seluk Beluk D614G yang Berasal dari Virus Corona Asal Wuhan

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 21 Agustus 2020 | 08:27 WIB

ilustrasi - virus corona.

Intisari-Online.com - D614G, kata ini belakangan wara-wiri di dunia maya, setelah Malaysia mendesak kewaspadaan penduduknya yang lebih besar setelah mendeteksi mutasi D614G dari virus corona baru-baru ini.

Mengutip Channel News Asia, Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah mengatakan, D614G, strain baru dari virus corona yang terdeteksi di dua kluster di negeri jiran, 10 kali lebih menular.

Selain di Malaysia, D614G juga ditemukan di Singapura dan Filipina.

Apa itu D614G?

Baca Juga: Memang Israel Tak Sudi Jual F-35 pada UEA Meski Telah Jalin Hubungan Diplomasi, Tapi Trump Justru Bakal Jual Jet Tempur yang Lebih Canggih ke UEA

Juga disebut mutasi "G", D614G adalah variasi dari galur asli virus corona yang pertama kali terdeteksi di Kota Wuhan, China, pada Desember tahun lalu.

Sejak itu, virus corona bermutasi beberapa kali.

Mengutip South China Morning Post (SCMP), sebuah studi bulan lalu oleh Universitas Bologna, Italia, menemukan, setidaknya ada enam jenis virus corona asli yang menyebabkan pandemi.

Mutasi pertamanya, galur S, muncul di awal tahun ini.

Baca Juga: 'Qassem Soleimani dan Abu Mahdi,' 2 Rudal Baru Iran Dipertontonkan Kehebatannya, Iran Juga Punya Kota-kota Rudal' Bawah Tanah yang Penuh Sesak dengan Senjata: Akan Meletus Seperti Gunung Berapi