India Punya Bom Nuklir, Tapi Tak Didefinisikan Sebagai 'Tenaga Nuklir,' Kok Bisa? Simak Juga Posisi Pakistan yang Dapat Pasokan Nuklirnya dari China

Muflika Nur Fuaddah

Penulis

Intisari-Online.com - Di antara perubahan besar dalam lanskap strategis global sejak Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir diberlakukan pada tahun 1970 adalah perluasan klub nuklir dari lima menjadi sembilan.

Kelima kekuatan nuklir pada waktu itu diakui sebagai negara senjata nuklir oleh NPT.

Sejak itu, empat negara lagi telah menghancurkan gerbang klub nuklir eksklusif: Israel, India, Pakistan dan Korea Utara.

NPT punya perjanjian yang membentuk rezim non-proliferasi yang lebih luas.

Baca Juga: Musuh Bebuyutan, Iran Ejek AS Karena Usulan Perpanjangan Embargo Senjatanya Ditolak PBB, 'AS Akan Gagal'

Semua dirancang untuk memperkuat standar NPT.

Di satu sisi, bagian dari tawar-menawar NPT adalah untuk membantu negara-negara non-senjata nuklir dalam penerapan energi nuklir secara damai.

Di sisi lain, perjanjian itu melarang segala bentuk bantuan kepada negara non-nuklir untuk mendapatkan bom.

Ada empat pengaturan ekspor kendali senjata utama.

Baca Juga: Hanya Ambil Untung Rp300 Tiap Makanan yang Dijual, Uang Mbah Khotimah Rp400.000 Digondol Penipu, Sempat Dibonceng dan Diturunkan Tengah Jalan

Uji coba nuklir India tahun 1974 menunjukkan bahwa ketergantungan pada itikad baik dari penerima bantuan nuklir salah tempat.

Sebagai tanggapan, Nuclear Suppliers Group (NSG) didirikan pada tahun 1975 untuk memperketat prosedur ekspor untuk bahan dan teknologi nuklir yang sensitif.

The Australia Group didirikan pada tahun 1985 sebagai forum informal untuk harmonisasi kontrol ekspor pada bahan kimia dan biologi proliferasi-sensitif.

Rezim Kontrol Teknologi Rudal 1987 menargetkan rudal dan teknologi drone.

Baca Juga: Pengangguran di Indonesia Didominasi Orang yang Berpendidikan Tinggi, Menaker: Ini Ironi...

Dan Pengaturan Wassenaar 1996 adalah rezim sukarela yang mencakup ekspor senjata konvensional dan teknologi penggunaan ganda ke negara bagian dan kelompok non-negara yang bermasalah.

Selama 30 tahun, India adalah kritikus NPT yang paling menonjol karena telah melembagakan apartheid nuklir dan mengecam pengaturan kontrol ekspor sebagai rezim penolakan teknologi dan kartel pemasok.

Setelah uji coba nuklir 1998, India menjadi negara yang menyatakan dirinya memiliki senjata nuklir.

Setelah negosiasi perjanjian nuklir sipil AS-India pada tahun 2008, pengecualian khusus India diikuti dari Badan Energi Atom Internasional, NSG dan juga banyak kesepakatan bilateral dengan negara lain, termasuk Australia.

Baca Juga: Positif Covid-19 TapiTak Punya Gejalanya, Wanita yang Dulunya Sehat Bugar Ini Alami Kelumpuhan hingga Hampir Meninggal, 'Aku Kira Stroke, Tapi Bukan'

Target India berikutnya dalam upaya menormalkan status nuklir globalnya adalah keanggotaan dari empat rezim kendali ekspor.

India percaya bahwa ia memenuhi syarat untuk keempatnya karena komitmen kuatnya terhadap non-proliferasi, kontrol ekspor yang efektif, dan kapasitas untuk memproduksi barang dan teknologi yang diatur oleh rezim.

Awalnya India berusaha masuk ke keempat rezim sebagai satu paket, tetapi kemudian perasaan diplomatik berlaku dan India diterima ke dalam Rezim Kontrol Teknologi Rudal , Pengaturan Wassenaar, dan Grup Australia selama 2016-2018.

Jika India benar-benar menjadi anggota NSG yang dibentuk untuk memeriksa ambisi nuklirnya, ini akan membuktikan bahwa sejarah memang ironi.

Baca Juga: Tertinggi 1,3 Juta, Terendah Hanya Punya 22 Kasus, Ini 5 Negara dengan Kasus Covid-19 Tertinggi dan Terendah di Benua Asia

Namun, dengan mengesampingkan warisan sejarah dari jaringan AQ Khan yang terkenal kejam, catatan non-proliferasi India dan Pakistan baru-baru ini secara luas dapat dibandingkan.

Karena Pakistan mendapatkan sebagian besar pasokan nuklirnya dari China, motivasi utamanya dalam mencari keanggotaan NSG tidak terkait dengan pertimbangan komersial tetapi status: kesetaraan dengan India.

Karena Pakistan tidak dapat menawarkan iming-iming pasar nuklir, negara-negara lain kurang tertarik untuk mendukung tawarannya tetapi malah menentangnya berdasarkan kekhawatiran yang masih ada atas stabilitas, volatilitas, dan jihadisme yang disponsori negara.

Banyak yang lebih memilih keputusan berdasarkan kriteria daripada membuat pengecualian lain untuk India sebagai mitra keamanan de facto AS dalam strategi penahanan China.

Baca Juga: Bagian Tergeli pada Wanita yang Diharapkan Suaminya Tahu tentang Ini

Sayangnya, politisasi NSG berarti negara-negara — pelamar, pendukung, dan penentang — lebih menghargai nilai statusnya daripada tujuan fungsionalnya.

Dalam praktiknya, kriteria yang paling umum adalah hubungan bilateral berdasarkan kalkulasi geopolitik.

Namun sebenarnya, dorongan dan penerimaan keanggotaan India sebagian besar didorong oleh semakin menonjolnya India sebagai aktor internasional.

Profil global India yang meningkat dan bobot diplomatik memberi Washington beberapa tetapi tidak cukup pengaruh dalam kampanye untuk keanggotaan NSG.

Tetapi ini berarti China, yang juga merupakan pelindung nuklir Pakistan, tetap menentang penerapan India dan persyaratan konsensus telah memungkinkan China untuk menggagalkan tawaran India.

Baca Juga: Gila-gilaan Garong Duit Negara Sampai Bikin Malaysia Nyaris Bangkrut, Najib Razak yang Divonis Penjara 72 Tahun dan Hukum Cambuk, Malah Hanya Jalani Hukuman Ringan Ini

(*)

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait