Find Us On Social Media :

Dokumen Rahasia Terungkap, Mossad Rupanya Berperan Penting 'Mencuci Bersih' Tangan-tangan di Balik Pembantaian PKI, Bahkan Masih Bisa Berbisnis dengan Soeharto Sampai Bangun Perusahaan Bersama

By Maymunah Nasution, Selasa, 11 Agustus 2020 | 13:17 WIB

Rekonstruksi pembantaian Timor Leste, PKI disebut dalang separatis Timor Leste sehingga perlu dibantai habis-habisan

Dokumen Rahasia Terungkap, Mossad Rupanya Berperan Penting 'Mencuci Bersih' Tangan-tangan di Balik Pembantaian PKI, Bahkan Masih Bisa Berbisnis dengan Soeharto Sampai Bangun Perusahaan Bersama

Intisari-online.com - Era pembantaian Pahlawan Revolusi, diikuti dengan penumpasan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada Oktober 1965 merupakan salah satu zaman terkelam Indonesia.

Sejarah mencatat, dalam 6 bulan setidaknya ada setengah juta anggota PKI dan yang berhubungan dengan mereka dibunuh.

Lebih dari satu juta warga dipenjara tanpa persidangan apapun, dan mengalami siksaan berat selama di penjara, ditahan di kondisi tidak manusiawi atau dihukum kerja paksa.

Beberapa dari para anggota PKI ditahan sampai lebih dari 30 tahun.

Baca Juga: Merenggut Nyawa Didi Petet hingga Ryan Thamrin, Penyakit Mematikan Ini Bisa Dipicu Berbagai Makanan yang Sering Dikonsumsi Orang-orang

Pembantaian itu diamini oleh para warga setelah kejadian G30SPKI yang menewaskan para Pahlawan Revolusi, banyak rakyat mendukung militer memberantas PKI di Indonesia.

Pembantaian pun tidak terhindarkan, banyak anggota PKI yang bersembunyi ditangkap, dipenjara tanpa persidangan ataupun langsung dibunuh.

PKI disalahkan atas peristiwa G30SPKI setelah kelompok jenderal di bawah komando Jenderal Soeharto mengklaim pembunuhan enam jenderal Pahlawan Revolusi adalah tindakan yang dilakukan oleh PKI dan sekutu 'kiri' mereka yang mencoba mengkudeta Indonesia dengan bantuan China.

Militer pun mengambil alih pemerintahan dan kemudian segera kirimkan kampanye yang memulai pembantaian massal dan hukuman massal.

Baca Juga: Terlihat Seperti Gelombang Tsunami, Fenomena Awan Aneh di Aceh Ini Langsung Buat Panik Warga, Begini Penjelasan Lengkap BMKG