Find Us On Social Media :

Saat Irlandia Dilanda Bencana Kelaparan Hebat, 1.000.000 Orang Lebih Meninggal, Pemerintah Inggris 'Tak Terlalu Peduli,' Justru Juru Selamat Muslim dari Ottoman Ini yang Bergerak

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 2 Agustus 2020 | 13:48 WIB

Peringatan Kelaparan Hebat

Intisari-Online.com - Kentang memiliki tempat khusus dalam budaya Irlandia.

Bukan tanpa alasan, hal itu lantaran selama berabad-abad penduduk Pulau Emerald bergantung pada umbi ini sebagai makanan pokok.

Dilansir dari Daily Sabah, kelaparan tujuh tahun di abad ke-19, yang dikenal sebagai Kelaparan Hebat atau Kelaparan Kentang, menewaskan lebih dari satu juta orang di Irlandia.

Kelaparan di Irlandia dipicu oleh penyakit kentang atau penyakit busuk daun.

Baca Juga: Jumlah Kasusnya Terbesar ke-2 Setelah Indonesia, Petugas Medis di Filipina Ngaku Kelelahan, 'Kami Kalah Dalam Pertarungan Lawan Covid-19'

Yakni penyakit yang disebabkan oleh organisme mirip jamur yang menyebabkan kentang jadi hitam dan membusuk.

Bencana tunggal terbesar yang pernah diderita Irlandia itu memaksa lebih dari satu juta warganya untuk bermigrasi ke AS.

Tetapi mereka yang terlalu miskin ditakdirkan untuk mati karena kelaparan atau penyakit yang menimpa mereka yang lemah dan kurang gizi.

Bantuan dari sultan Ottoman

Baca Juga: 2 Hari Setelah Keramas di Salon, Pria Ini Tiba-tiba Pingsan dan Didiagnosis Terkena Stroke, Ternyata Inilah Penyebabnya, Anda Patut Waspada Juga!