Find Us On Social Media :

Inilah Rahasia Militer AS Bisa Kalahkan Tentara Jepang pada Perang Dunia II, padahal Jepang Sudah Siapkan Rencana Matang dan Sesumbar Bakal Menang

By Khaerunisa, Rabu, 22 Juli 2020 | 17:22 WIB

Ilustrasi Pertempuran Laut Midway

Inilah Rahasia Kesuksesan Militer AS Kalahkan Tentara Jepang pada Perang Dunia II, padahal Jepang Sudah Siapkan Rencana Matang dan Sesumbar Bakal Menang

Intisari-Online.com - Perang antara Amerika Serikat (AS) dan Jepang merupakan salah satu yang terbesar dalam Perang Dunia II.

Kedua negara ini saling lakukan serangan dan mengalahkan satu sama lain.

Namun, perang akhirnya dimenangkan Amerika Serikat, padahal sebelumnya Jepang telah sukses memporak-porandakan Pearl Harbour.

Setelah sukses menggempur Pearl Harbour, Jepang yang sedang mabuk kemenangan justru dikejutkan oleh serangan udara tak terduga dari AS. Serangan udara ini disebut dengan Doolittle Raid.

Baca Juga: Surat-surat Gandhi kepada Hitler yang Dikirim sekitar Pecahnya Perang Dunia II, Tak Pernah Sampai, Begini Isinya

Serangan sejumlah pesawat pengebom AS yang datang di atas udara Jepang itu langsung membuat para jenderal Jepang kaget sekaligus malu.

Mereka tak menyangka jika AS ternyata bisa langsung menyerbu Jepang. Agar serangan yang sempat membuat warga Jepang shock itu cepat terhapus, para petinggi militer Jepang memutuskan untuk segera membalas dengan serangan yang lebih hebat dan mematikan .

Jepang lalu menggelar persiapan serbuan besar-besaran terhadap pangkalan-pangakalan AS yang tersebar di kawasan Pasifik khususnya pulau karang Atoll, Midway dan Hawai.

Dua pangkalan itu jika berhasil dikuasai akan membuat mudah pendaratan Jepang di kawasan AS dan terbalaslah serangan dadakan Doolittle Raid di atas Tokyo.