Find Us On Social Media :

Kronologi Musisi Anji 'Menggiring' Opini Penghakiman Sepihak Soal Foto Jenazah Covid-19 Sampai PFI Mengecamnya: Anji, Jurnalis Itu Bukan Buzzer

By Maymunah Nasution, Senin, 20 Juli 2020 | 15:41 WIB

potret Joshua Irwandi untuk Netgeo, nampak jenazah covid-19 yang dibalut plastik wrapping

Kronologi Musisi Anji 'Menggiring' Opini Penghakiman Sepihak Soal Foto Jenazah Covid-19 Sampai PFI Mengecamnya: Anji, Jurnalis Itu Bukan Buzzer

Intisari-online.com - Beberapa waktu yang lalu beredar foto oleh pewarta foto Joshua Irwandi mengenai jenazah Covid-19.

Foto itu juga digunakan Joshua Irwandi untuk majalah National Geographic edisi Agustus 2020.

Jenazah tersebut tampak terbungkus plastik, dipotret oleh seorang fotografer Indonesia, Joshua Irwandi.

Jenazah tersebut disebut sebelumnya adalah pasien Covid-19 di salah satu rumah sakit.

Baca Juga: Laporan Terbaru 20 Juli 2020, Utang Indonesia Tembus Rp5.868 Triliun, Sedangkan Malaysia 2.839 Triliun, Tetapi Mengapa Malah Malaysia yang Dinyatakan Bangkrut?

Dalam keterangan di Instagram, Joshua menyebut foto ini menjadi pengingat dampak nyata dari pandemi Covid-19.

Penampakan foto ini langsung viral di media sosial, khususnya di Instagram.

"Memotret korban virus Corona di Indonesia adalah tugas fotografi paling memilukan dan menyeramkan yang pernah saya lakukan. Dalam pikiran saya saat itu, apa yang terjadi pada orang ini bisa saja dialami oleh orang yang saya sayang, orang yang kita semua sayang," tulis Joshua seperti dikutip dari Instagramnya @joshirwandi, pada Jumat (17/7/2020).

Dalam gambar tersebut sangat terasa sekali bagaimana sang photographer ingin menyampaikan pesannya untuk semua masyarakat agar nggak lagi abaikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Utang Indonesia Membengkak Dan Terus Dijadikan Perbincangan Netizen, Sri Mulyani Semprot Netizen Ungkap Fakta Dunia Tentang Utang Negara Islam

Unggahan pemilik akun @JoshIrwandi tersebut disertakan dengan caption bahasa inggris yang cukup panjang.

 Membuat warganet yang membacanya jadi lebih aware dan benar-benar meyakini kalau corona memang benar adanya, bukan konspirasi yang selama ini disebutkan.

Berikut ini caption Joshua Irwandi yang sudah diterjemahkan:

Baca Juga: Tak Tahu Menahu Dirinya Simpan Senjata Berbahaya, Pria Ini Mengira Benda yang Dimilikinya Hanya Palu Biasa, padahal Bisa Luluh Lantakkan Satu Desa, Begini Kisahnya

Memotret para korban coronavirus di Indonesia adalah fotografi yang paling memilukan, paling menakutkan yang pernah saya lakukan.

Dalam pikiran saya pada saat itu saya hanya berpikir apa yang terjadi pada orang ini mungkin terjadi pada orang yang saya cintai, orang yang kita semua cintai.

Saya telah menyaksikan secara langsung bagaimana para dokter dan perawat terus mempertaruhkan hidup mereka untuk menyelamatkan kita.

Mereka adalah pahlawan sejati dari kisah ini, dan satu-satunya cara untuk menghargai pekerjaan mereka adalah mengikuti apa yang mereka sarankan kepada kita.

Baca Juga: Berhubungan Badan disebut 'Halal' Dilakukan, Inilah Strategi Inteligen Israel Mossad Paling Jitu Untuk Mengorek Informasi Musuh