Find Us On Social Media :

Belanja Alutsista, Indonesia Berminat Tampung 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon yang Hendak Dipensiunkan Austria, Ada Fakta Menarik di Balik Penjualannya

By Khaerunisa, Senin, 20 Juli 2020 | 13:55 WIB

Eurofighter Typhoon

Belanja Alutsista, Indonesia Berminat Tampung 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon yang Hendak Dipensiunkan Austria, Ada Fakta Menarik di Balik Penjualannya

Intisari-Online.com - Aktivitas Kementerian Pertahanan Indonesia tengah menarik perhatian orang-orang.

Kabarnya, Indonesia tengah berminat membeli 15 pesawat tempur buatan konsorsium Eropa, Eurofighter Typhoon, yang saat ini dioperasikan oleh Angkatan Udara Austria.

Bahkan, hal itu telah diberitakan oleh situs berbahasa Jerman, Kronen Zeitung, dengan mengunggah  foto proposal tawaran pembelian 15 Eurofighter Typhoon.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut telah mengajukan proposal kepada Menteri Pertahanan Republik Austria, Klaudia Tenner, untuk mengakuisisi 15 pesawat tempur jenis delta wing tersebut.

Baca Juga: Kesal AS Rutin Kirim Kapal Induk Ronald Reagan ke Laut China Selatan, China Akhirnya Kirim Jet Tempur Garang ini, Kemampuan Setara dengan Jet Tempur Andalan AS

Dalam surat bernomor 60/M/VII/2020 bertanggal 10 Juli 2020 itu, Menhan Prabowo Subianto mengutarakan tujuan pembelian 15 Eurofighter Typhoon dari Austria adalah target modernisasi TNI AU.

"Karena itu, saya mengajak untuk membahas secara resmi dengan Anda, Yang Mulia, tentang pembelian 15 Eurofighter Typhoon dari Austria untuk Angkatan Udara Republik Indonesia," demikian isi surat tersebut.

Menhan Prabowo Subianto juga menyinggung soal isu pesawat tempur Typhoon di Austria, dan ia mengatakan telah mengetahui persoalan itu.