Find Us On Social Media :

Kemarin Borong Jet Tempur dari AS, Jepang Kini Berniat Bangun Jet Tempur Siluman Paling Canggih di Dunia, Ancaman Apa yang Buat Mereka Kian Agresif?

By Maymunah Nasution, Minggu, 12 Juli 2020 | 15:26 WIB

Jet Tempur F-35B yang tergabung dalam MEU-31 lepas landas dari geladak USS America

Kemarin Borong Jet Tempur dari AS, Jepang Kini Berniat Bangun Jet Tempur Siluman Paling Canggih di Dunia, Ancaman Apa yang Buat Mereka Kian Agresif?

Intisari-online.com - Jepang rupanya sedang dalam rencana besar untuk mempertahankan kedaulatan mereka.

Setelah kemarin keluar pengumuman Departemen Luar Negeri AS setujui penjualan lebih dari 100 jet tempur F-35 AS ke Jepang, kini Jepang juga akan membangun jet tempur silumannya sendiri.

Mengutip kontan.co.id, Jepang umumkan rencana membangun salah satu pesawat jet siluman paling canggih di dunia.

Pesawat jet siluman itu kemungkinan pesawat bermesin ganda.

Baca Juga: Muak Sudah Sampai ke Ubun-ubun dengan Ejekan Trump, Jepang Mulai Tunjukkan Militer Mereka Tak Butuh 'Bekingan' Amerika

Pesawat itu dirancang untuk mengambil alih peran pertahanan udara penting Jepang pada dekade mendatang.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan kepada anggota parlemen negara itu, jet tempur generasi keenam yang baru akan mulai berproduksi pada tahun fiskal 2031 dan menggantikan armada tua negara itu.

Saat ini Jepang memiliki sekitar 100 unit jet F-2, pesawat tempur mesin tunggal generasi keempat yang meniru model F-16 Amerika.

CNN melaporkan, Jepang menyisihkan angaran lebih dari US$ 261 juta (28 miliar yen) untuk program yang dikenal sebagai FX.

Baca Juga: Jangan Sampai Bau! Begini Cara Simpan Minyak Goreng Bekas Agar Bisa Digunakan Memasak Lagi