Find Us On Social Media :

Muak Sudah Sampai ke Ubun-ubun dengan Ejekan Trump, Jepang Mulai Tunjukkan Militer Mereka Tak Butuh 'Bekingan' Amerika

By Ade S, Minggu, 12 Juli 2020 | 15:19 WIB

Jepang Sudah Benar-benar Frustasi dengan Trump, Sudah Batal Pasang Sistem Anti Rudal AS, Kini Pilih Rakit Pesawat Sendiri Daripada Beli dari AS

Muak Sudah Sampai ke Ubun-ubun dengan Ejekan Trump, Jepang Mulai Tunjukkan Militer Mereka Tak Butuh 'Bekingan' Amerika

Intisari-Online.com - Jepang nampaknya sudah benar-benar frustasi terkait hubungan mereka dengan Amerika Serikat di bawah Donald Trump.

Hal ini terlihat dengan beberapa kebijakan mereka akhir-akhir ini yang seolah-olah menunjukkan mereka ingin melepas ketergantungan pada negeri Paman Sam.

Setidaknya ada dua kebijakan besar Jepang terkait peralatan militer yang menunjukkan hal tersebut.

Dua kebijakan yang menjadi jawaban atas ejekan Donald Trump terkait hubungan AS dan Jepang.

Baca Juga: Ditanya Secara Pribadi Setuju Tidak Serangan Siber Terhadap Rusia, Jawaban Trump Mengejutkan: 'Tidak Ada yang Lebih Tangguh Menghadapi Rusia Dari Pada Saya', Ini Dalihnya

Namun, sebelum kita mengulas mengenai ejekan Donald Trump, kita lihat dulu bagaimana kebijakan-kebijakan militer Jepang kini semakin ingin menunjukkan kemandirian mereka.

Pada Juni, Jepang telah membatalkan rencana untuk memasang sistem anti- rudal berbasis Aegis Ashore, kata Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono pada Kamis (25/6/2020).

Sistem anti-rudal itu awalnya ditujukan untuk menangkis proyektil berteknologi tinggi seperti yang diluncurkan Korea Utara.

"Setelah musyawarah di Dewan Keamanan Nasional (NSC), kami putuskan untuk membatalkan pemasangan di prefektur Yamaguchi dan Akita," ucap Kono dalam pertemuan tertutup Dewan Keamanan Nasional yang dipimpin Perdana Menteri Shinzo Abe.

Baca Juga: WHO Telat! AS Sampai Sudah Keluar, WHO Baru Akui Jika Ada yang Mencurigakan Terkait China dan Virus Corona, Sekarang Baru Mau Diselidiki