Find Us On Social Media :

Ternyata Anak-anak Juga Rentan Stres karena Pandemi, Orangtua Harus Peka, Ini 3 Cara Mendeteksi Stres pada Anak Menurut Psikolog

By Khaerunisa, Rabu, 13 Mei 2020 | 08:00 WIB

Cara mendeteksi stres pada anak.

Intisari-Online.com - Pandemi Covid-19 membuat kita harus hidup di luar kebiasaan dan mulai menyesuaikan diri dengan keadaan.

Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa stres karena pandemi Covid-19 ini.

Anak-anak pun bisa mengalaminya.

Psikolog sekaligus Kepala UPT Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Hudaniah, S. Psi., M. Psi., mengatakan anak-anak rentan mengalami stres di masa pandemi corona (Covid-19) saat ini.

Baca Juga: Beginilah Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar Membaca

Hudan pun membagikan sejumlah cara yang dapat diikuti para orang tua untuk mendeteksi apakah sang buah hati mengalami stres.

Sebelumnya, Hudan menerangkan, stres yang dialami anak-anak di masa pandemi Covid-19 ini bisa diakibatkan karena ia melihat atau bahkan mendapatkan efek stres orang dewasa atau orang tuanya.

"Stres itu kan proses penyesuaian ya, terhadap tubuh, psikologis, juga terhadap keadaan yang menurut dia kondisi tersebut tidak nyaman."

"Nah karena anak melihat kemudian merasakan efek dari orang dewasa, misal orang tuanya mungkin, nah itu membuat dia juga mengalami hal yang tidak nyaman atau yang kita sebut stres," terang Hudan saat diwawancarai Tribunnews.com melalui Zoom Meeting, Kamis (7/5/2020) siang.