Find Us On Social Media :

Covid-19 adalah Tambahan Penderitaan bagi Ethiopia, Ada Penyakit yang Lebih Mengerikan dan Bayang-bayang Kelaparan yang Sedang Dihadapi Saat Ini

By Tatik Ariyani, Minggu, 3 Mei 2020 | 17:33 WIB

Ilustrasi suku etnis di Ethiopia

Intisari-Online.comVirus corona yang sudah masuk ke Ethiopia semakin menambah penderitaan karena sebelum corona pun masyarakat telah dihadapkan pada wabah penyakit yang lebih mengerikan.

Pemerintah Ethiopia baru-baru ini menyatakan keadaan darurat setelah mencatat 131 kasus Covid-19 dan 3 jumlah kematian.

Melansir Daily Star, Sabtu (2/5/2020), virus corona masuk di negara Afrika Timur itu pada 13 Maret setelah seorang warga Jepang dinyatakan positif.

Save the Children telah memperingatkan bahwa Ethiopia, juga negara-negara lain di Tanduk Afrika, menghadapi ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya dari virus corona.

Baca Juga: Bikin Bangga! Alih-alih Mengucilkan, Warga di Desa Karangasem Gunungkidul Justru Bantu Tetangganya yang Harus Isolasi Mandiri Akibat Covid-19, Lihat Apa yang Dilakukan Mereka!

Hal itu karena Ethiopia juga bergulat dengan serangan kawanan belalang dan banjir. Dan sekarang kelaparan yang ditakuti.

Covid-19 memengaruhi perekonomian dan layanan kesehatan di wilayah itu, sama seperti sungai-sungai yang meluap karena hujan lebat musim semi.

Sedang musim panas mendatang diperkirakan akan membawa kawanan belalang yang bisa menyebabkan kelaparan massal bagi jutaan orang.

Selain itu, orang-orang Ethiopia telah dihantam penyakit misterius yang menyebabkan penduduk desa sekarat berdarah dari mata, mulut, dan anus mereka.

Baca Juga: 1.000 Orang di Sumatera Barat Terancam Infeksi Corona Usai Melakukan Kontak dengan 36 Pedagang yang Positif Covid-19, Dilakukan Disinfeksi hingga Penutupan Pasar!