Find Us On Social Media :

Ilmuwan Dunia Umumkan, Vaksin Covid-19 Mungkin Tidak Akan Tersedia Hingga Tahun 2036, Inilah Penyebabnya

By Afif Khoirul M, Sabtu, 2 Mei 2020 | 14:44 WIB

Ilustrasi vaksin virus corona

Intisari-online.com - Perlombaan global untuk memerangi Covid-19, tampaknya menghadapi rintangan berat dari pengujian klinis dan uji coba ke manusia.

Para ahli mengatakan, vaksin virus corona mungkin tidak akan tersedia hingga tahun 2036, dalam skenario terburuk.

Menurut Daily Mirror, pada Sabtu (2/5/20), sebelumnya, ilmuwan ungkapkan inokulasi tidak akan siap setidaknya selama satu tahun.

Hal itu dinyatakan oleh Dr Anthony Fauci yang mengatakan, bahwa vaksin itu tidak bisa diproduksi dalam 12 hingga 18 bulan kedepan.

Baca Juga: Waspada Jika Warna Ini Muncul saat Anda Buang Air Besar, Bisa Jadi Gejala Pendarahan Lambung Seperti yang Dialami Mendiang Erwin Eks Dewa 19

New York Times melaporkan, kesulitan memproduksi vaksin bisa memakan waktu bertahun-tahun lagi.

Laporan itu menguraikan bagimana menciptakan jab yang aman dan berfungsi, untuk menghasilkan vaksin yang efektif dan aman digunakan.

Beberapa produsen mengatakan, mereka berharap bisa memiliki vaksin yang siap dipasarkan pada Agustus 2021, namun itu adalah waktu paling cepat untuk kelas vaksin mRNA.

Langkah-langkah luar biasa, seperti memulai uji coba lebih awal, dan melewatkan beberapa penelititian klinis diyakini bisa mempersingkat waktu dua hingga empat tahun lagi.

Baca Juga: Belum Selesai Tuduhan Covid-19 Berasal dari Lab Wuhan, AS Kembali Klaim Laboratorium di China Bisa Saja Kembali Membocorkan Virus Lain di Masa Depan