Find Us On Social Media :

Migrasi Ubur-ubur Serbu PLTU Paiton, Probolinggo Terjadi Lagi, 'Sudah Sejak Tahun 1970'

By Maymunah Nasution, Rabu, 29 April 2020 | 14:35 WIB

Usai Heboh Penampakan Cacing Yang Keluar Dari Tanah, Kini Warga Dihebohkan Dengan Kemunculan Ribuan Ubur-Ubur Yang Memenuhi Sungai

Intisari-online.com - Ribuan ubur-ubur yang terlihat di perairan Probolinggo beberapa waktu lalu "menyerbu" Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton di Kabupaten Probolinggo.

General Manager PT PJB Unit Pembangkitan (UP) Paiton 1-2 Mustofa Abdilah mengatakan, ribuan ekor ubur-ubur terlihat sejak Sabtu (25/4/2020).

"Ribuan ekor ubur-ubur yang terpantau bergerak secara masif dari arah barat sejak dua hari yang lalu," kata Mustafa dalam keterangan yang diterima, Selasa (28/4/2020).

Mustofa mengatakan, kejadian serupa pernah terjadi pada 2016.

Baca Juga: Lebih dari 2.200 PDP Alias Orang dengan Gejala Corona Meninggal, Apa yang Terjadi?

UP Paiton telah mempersiapkan sejumlah langkah untuk menghalau ribuan ubur-ubur agar tak mengganggu aktivitas di pembangkit listrik tak terganggu.

Langkah penanganan, kata Mustofa, dilakukan dengan hati-hati dan tidak mengganggu kelestarian biota laut itu.

"Akan dikendalikan dengan tiga lapis pengaman berupa jaring-jaring, yang pertama dipasang di intake kanal tempat masuk air laut yang berfungsi sebagai pendingin kondensor unit pembangkit, jaring ini adalah pengaman pertama untuk mencegah ubur-ubur masuk ke intake kanal," kata Mustafa.

Pengaman kedua, kata dia, dipasang di sekitar pompa.

Baca Juga: Jubir 212 Tidak Terima Kesaksian Prabowo atas Kerja Keras Jokowi untuk Rakyat, 'Kami Kecewa dengan Sikap Anda Pak Menhan!'