Find Us On Social Media :

'Kompak' Meletus! Selain Anak Krakatau, Ini Lima Gunung Api di Indonesia Lainnya yang saat Ini Sedang Erupsi, Dua Ada di Pulau Jawa

By Ade S, Sabtu, 11 April 2020 | 09:57 WIB

'Kompak' Meletus! Selain Anak Krakataui, Ini Lima Gunung Api Indonesia Lainnya yang saat Ini Sedang Erupsi, Dua Ada di Pulau Jawa

Intisari-Online.com - Jumat (10/4/2020) malam tepatnya pukul 22.35, Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda mengalami erupsi.

Hal ini berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo menyebut tinggi kolom abu Anak Krakatau mencapai 500 meter di atas puncak atau 657 meter di atas permukaan laut.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi 38 menit 4 detik," kata Agus seperti dilansir kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau juga dilaporkan terus berlangsung hingga Sabtu (11/4/2020) pada pukul 05.44 WIB.

Letusan Gunung Anak Krakatau ini sendiri pada akhirnya menambah daftar gunung api yang saat ini tengah meletus di Indonesia.

Selain Gunung Anak Krakatau, terhitung ada 5 gunung api yang meletus dalam waktu hampir bersamaan dan kini sama-sama berada pada Level II (Waspada).

Dua diantaranya malah berada di Pulau Jawa.

Baca Juga: Letusan Gunung Anak Krakatau Bukan Apa-apa, Ini 2 Gunung Api Indonesia dengan Letusan Paling Dahsyat, Bahkan 100 Kali Lebih Kuat!