Find Us On Social Media :

Prediksi Bahwa Wabah Virus Corona Bisa Sampai Akhir Tahun Sangat Mungkin Terwujud Jika Warga Tidak Disiplin, Ridwan Kamil: 'Maka Situasi Baru Kembali Normal Akhir Tahun'

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 7 April 2020 | 16:21 WIB

Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai rapat membawas virus corona dengan anggota DPRD Jabar di Gedung Sate, Jumat (13/3/2020).

Intisari-Online.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, kedisiplinan masyarakat menerapkan physical maupun social distancing dan ketegasan pemerintah dinilai amat krusial dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Jawa Barat.

Jika kita disiplin menerapkan physical distancing, pandemi ini akan bisa berakhir bulan Juni ditandai kasus positif Covid-19 akan turun dan situasi kembali normal pada akhir Juni.

"Prediksi itu bisa terwujud apabila masyarakat disiplin menerapkan pembatasan sosial dan mengikuti imbauan pemerintah," kata Emil,sapaan Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (7/4/2020).

Ditambahkannya, hal krusial saat ini dalam mencegah penyebaran Covid-19 adalah kesadaran masyarakat untuk tidak mudik.

Baca Juga: Wacana Pembebasan Narapidana di Indonesia Jadi Polemik, Begini Penjara di Jepang Menghadapi Penyebaran Virus Corona

Kesadaran tersebut bisa menjadi bentuk solidaritas kepada sesama ataupun kepada tenaga medis yang sedang berjuang melawan Covid-19 di zona merah.

"Tetapi, jika tidak disiplin, maka situasi baru kembali normal pada akhir tahun."

"Saya pikir, sangat penting bagi kita untuk mengendalikan pandemi tanpa mudik," kata Emil.

Baca Juga: Hidup Di Atas Penderitaan Rakyatnya, Terkuak Inilah 8 Kekayaan Kim Jong-Un, Salah Satunya Miliki 100 Mobil Mewah dan Kapal Pesiar Bernilai Rp113 Miliar