Find Us On Social Media :

Disetujui Otoritas Setempat, Pasar Basah yang Jual Daging Hewan Liar di China Kembali Beroperasi, Padahal Wabah Corona Belum Usai

By Tatik Ariyani, Senin, 6 April 2020 | 15:43 WIB

(ilustrasi) Pasar Satwa Liar di Wuhan.

Intisari-Online.com - Wabah virus corona belum usai, namun beberapa pasar basah di China sudah mulai beroperasi.

Media yang berbasis di Australia, news.com.au melaporkan bahwa ribuan orang mulai berbondong-bondong kembali ke pasar basah di seluruh China seperti Dongguan dan Guilin, meskipun pasar basah ini dianggap sebagai titik nol untuk wabah virus corona.

Dibukanya pasar basah tersebut sudah mendapat persetujuan dari otoritas setempat dengan mempertimbangkan penurunan kasus virus corona baru di seluruh negeri.

Langkah ini juga sekaligus merupakan upaya pemerintah China untuk menyembuhkan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Baca Juga: Kekhawatiran Baru China, Jumlah Kasus Virus Corona Tanpa Gejala Meningkat

Melansir Reuters, kota Wuhan, yang menjadi pusat wabah, melaporkan tidak ada kasus baru untuk hari keenam.

Seiring hal tersebut, bisnis kembali dibuka dan penduduk mulai mengklaim kembali kehidupan yang lebih normal setelah dikurung selama hampir dua bulan.

"Pasar telah kembali beroperasi dengan cara yang persis sama seperti yang mereka lakukan sebelum virus corona," menurut koresponden Daily Mail yang mengunjungi pasar. "Satu-satunya perbedaan adalah bahwa penjaga keamanan mencoba menghentikan siapa pun mengambil foto, yang tidak akan pernah terjadi sebelumnya."

Pasar basah berada di bawah pengawasan lebih dekat dalam beberapa bulan terakhir, setelah wabah virus corona dikaitkan dengan pasar makanan laut di Wuhan, China.

Baca Juga: Meski Berdampak pada Perekonomian, Jepang Umumkan Darurat Nasional Terkait Virus Corona