Find Us On Social Media :

Bukan Lagi Hanya untuk Orang Sakit, WHO Kini Dukung Semua Orang Pakai Masker di Tempat Publik, Tapi...

By Khaerunisa, Sabtu, 4 April 2020 | 13:19 WIB

Ilustrasi masker

Intisari-Online.com - Penggunaan masker sudah menjadi perbincangan sejak awal virus corona muncul.

Masker menjadi salah satu hal yang diandalkan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Bahkan, sampai terjadi kelangkaan masker. Meski penimbunan masker oleh orang-orang tak bertanggungjawab juga menjadi faktor pendukung kelangkaan tersebut.

Kini, Badan Kesehatan Dunia ( WHO) menyatakan dukungan agar semua orang menggunakan masker di tempat umum untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona jenis baru. 

Baca Juga: Rekor Suram, Spanyol Mencatat 950 Kematian Akibat Virus Corona Dalam Sehari, Polisi Mengharap Sumbangan Masker Snorkeling untuk Diubah Jadi Ventilator

Tapi masker medis diutamakan untuk orang sakit, lalu bagaimana yang sehat?

Sebelumnya, WHO merekomendasikan penggunaan masker hanya oleh mereka yang sakit, petugas medis, dan mereka yang merawat orang sakit.

Dikutip dari South China Morning Post, Sabtu (4/4/2020), Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO, Dr Michael Ryan menyetujui penggunaan masker di tempat umum oleh semua orang. Cara ini diyakini dapat mengurangi risiko penularan Covid-19.

"Ada situasi di mana penggunaan masker mungkin bisa mengurangi angka penularan dari orang yang terinfeksi kepada orang yang lain," ujar dia, Jumat (3/4/2020).