Find Us On Social Media :

Jika Tak Segera Ambil Tindakan Drastis, Separuh Penduduk Indonesia Berpotensi Terinfeksi Covid-19 Sebelum Lebaran, Simak Selengkapnya

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 28 Maret 2020 | 07:40 WIB

virus corona

Intisari-Online.com - Sejumlah model matematis menunjukkan peluang meledaknya pandemi Covid-19 secara tak terkendali di Indonesia.

Itu bisa terjadi jika langkah strategis dan drastis tidak segera diambil pemerintah untuk memperlambat penyebaran virus korona jenis baru.

Berdasarkan model yang dijalankan pakar matematika terapan University of Essex Inggris dan Khalifa University of Science and Technology Uni Arab Emirat, Hadi Susanto, penyebaran Covid-19 sungguh masif sehingga diperkirakan 50 persen total populasi Indonesia sudah akan terinfeksi wabah Covid-19 sebelum Idul Fitri pada pertengahan Mei 2020.

Dalam kalkulasinya, Hadi menggunakan model matematis susceptible, exposed, infectious, recovered (SEIR) dan angka tingkat reproduksi atau R0 dari Covid-19 sebesar 3.

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Buah Peach untuk Kesehatan dari Lindungi Kesehatan Mata Hingga Cegah Kanker

Angka reproduksi atau tingkat penularan wabah disebut sebagai angka R0.

Apabila R0 dari sebuah penyakit adalah 3, berarti 1 orang yang terinfeksi dapat menularkan ke 3 orang sehat.

R0 dari Covid-19 dipercaya oleh berbagai peneliti sebesar 2-3.

Artinya, satu orang positif Covid-19 dapat menularkan kepada 2-3 orang lainnya.

Baca Juga: Tegas Menangkal Covid-19, Pemerintah Singapura Berlakukan Denda Rp 115 Juta hingga Penjara Bagi Warganya yang Bandel Duduk dan Berdiri Berdekatan di Tempat Umum