Find Us On Social Media :

China Memang Tidak Lagi Melaporkan Kasus Baru Pasien Positif COVID-19 Melalui Penularan Lokal, Tetapi Para Ahli Memperingatkan 'Hantaman Corona' Gelombang Kedua

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 20 Maret 2020 | 12:57 WIB

Ilustrasi pasien virus corona

Intisari-Online.com - Sebelumnya hingga Rabu (18/3/2020), Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan bahwa tidak ada kasus baru yang ditularkan secara domestik.

Ini menandai pertama kalinya angka menjadi nol kasus baru di China sejak epidemi dimulai sejak Desember tahun lalu.

Namun, ancaman infeksi mungkin belum berakhir untuk negara tersebut, karena 34 kasus baru di antara orang yang baru saja kembali ke China juga dilaporkan.

Di luar Wuhan, pusat wabah, di provinsi Hubei, China, tidak memiliki kasus baru yang dikonfirmasi oleh penduduk asli yang dilaporkan selama 13 hari berturut-turut.

Baca Juga: Konon Ada yang Pernah Menjadi Tempat Pembantaian, Inilah 5 Stasiun Kereta Api Paling Seram di Dunia, Ingin Berkunjung ke Sana?

Peningkatan jumlah kasus di kota Wuhan tetap dalam angka tunggal untuk minggu terakhir, sampai akhirnya turun menjadi nol kemarin.

Ini berarti bahwa pada 18 Maret, di seluruh daratan China, peningkatan transmisi domestik telah berkurang menjadi nol.

Angka-angka ini sangat kontras dengan yang terlihat sebulan lalu, di mana beberapa ribu kasus baru dikonfirmasi setiap hari.

Di Huanggang, kota tetangga, Wuhan, yang pada satu titik memiliki jumlah kasus terkonfirmasi tertinggi kedua, kemajuan lebih lanjut telah dibuat karena dilaporkan telah mengeluarkan dua pasien COVID-19 terakhir.

Baca Juga: Pernyataan Imam Besar Masjid Istiqlal: Umat Muslim Tidak Usah Beribadah Berjamaah Hindari Penularan Virus Corona, Termasuk Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya