Find Us On Social Media :

Virus Corona Bisa Bertahan 9 Hari pada Benda Mati, Ini Cara Bersihkan Smartphone Agar Tak Jadi Sarang Penyakit

By Ade S, Minggu, 15 Maret 2020 | 13:02 WIB

Bisa Bertahan 9 Hari pada Benda Mati, Ini Cara Bersihkan Smartphone Agar Tak Jadi Sarang Penyakit, Termasuk Corona Covid-19

Intisari-Online.com - Seiring dengan semakin banyaknya kabar mengenai kasus corona covid-19, masyarakat pun semakin memiliki banyak informasi mengenai virus mematikan tersebut.

Seperti mulai menurunnya jumlah pembelian masker karena mereka mulai menyadari bahwa masker tidak berguna untuk mencegah penularan corona.

Sebagai gantinya, masyarakat mulai lebih memilih untuk mengalokasikan uangnya untuk membeli hand sanitizer.

Hal ini seiring dengan saran dari para ahli bahwa mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik mencegah penularan corona.

Baca Juga: Hanya Butuh 3 Kemenangan Lagi, Gelar Juara Liga Inggris yang Dinanti 30 Tahun oleh Liverpool Terancam Batal Akibat Corona, Ini Aturan yang Jadi Acuannya!

Tentu saja hal ini juga seiring dengan munculnya dugaan bahwa virus corona dapat bertahan di permukaan benda mati kurang dari lima menit hingga sembilan hari.

Perkiraan waktu tersebut sebenarnya bukan terkait langsung dengan virus covid-19, melainkan sifat dari virus lain yang paling mirip dengan covid-19, yaitu SARS.

"Berdasarkan data yang tersedia saat ini, terutama, saya akan mengandalkan data dari virus corona SARS, yang merupakan saudara terdekat dari virus corona baru ini, dengan 80 persen kesamaan susunan, di antara virus corona yang diuji," kata Profesor Penyakit Menular di University of California, Dr. Charles Chiu.

Sayangnya, ada satu kebiasaan yang kerap membuat kebiasaan mencuci tangan seolah tak berguna, yaitu kebiasaan tak membersihkan smartphone.

Baca Juga: Diyakini Bisa Tangkal Virus Corona, Sejumlah Warga India Minum Urine Sapi, 'Kami Sudah Melakukannya Selama 21 Tahun'