Find Us On Social Media :

Salat Jumat Dibatasi di Malaysia dan Dilarang di Iran serta Singapura, Paus Pimpin Doa Lewat Live Streaming, Ini Kasus-kasus Penyebaran Corona yang Terjadi Lewat Acara Keagamaan

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 13 Maret 2020 | 15:21 WIB

Ilustrasi

Intisari-Online.com - Penyebaran virus corona di seluruh dunia membuat banyak warga waspada dan melindungi dirinya agar tak terjangkiti.

Oleh karena itu tak heran jika di sejumlah negara, ibadah yang melibatkan kegiatan di ruang publik bersama-sama pun mulai dibatasi.

Misalnya saja Singapura yang memutuskan untuk menunda shalat Jumat sementara waktu, atau Malaysia yang memutuskan tetap melakukan shalat Jumat, tetapi dengan pedoman yang ketat.

Zulkifli Mohamad al-Bakri, menteri agama Malaysia menyakan akan menunda salat Jumat berjamaah apabila ada pengumuman dari Kementerian Kesehatan tentang virus corona yang tersebar luas.

Baca Juga: Kim Jong Un 'Melarikan Diri dari Ibukota Korea Utara untuk Menghindari Virus Corona,' Kabarnya 3.700 Tentara Tengah Dikarantina

Begitu juga dengan Iran, dilansir dari Reuters, wabah ini mendorong pihak berwenang untuk membatalkan Salat Jumat di 23 ibu kota dari 31 provinsi di Iran, termasuk Teheran dan kota-kota suci seperti Qom dan Mashhad, serta beberapa daerah lain yang terinfeksi.

Tak hanya umat muslim, umat Katolik di Vatikan juga mengalami nasib serupa.

Daily Mail melaporkan bahwa Paus Fransiskus memutuskan untuk menyampaikan doa-doa hari Minggu (8/3) melalui live streaming.

Baca Juga: Seekor Babi Terlahir dengan 'Wajah dan Rambut Manusia' Terekam Menggeliat-geliat di Lengan Seorang Petani, Terjadi Karena Penggunaan 'Obat' Ini yang Berlebihan?