Find Us On Social Media :

Waspadai Masalah Otot Jika Sudah Berumur 40-an, Akibatnya Bisa Gawat

By Maymunah Nasution, Sabtu, 7 Maret 2020 | 07:30 WIB

Melatih massa otot penting dilakukan sejak dini.

Intisari-online.com - Kita semua tahu bahwa kondisi fisik seseorang akan semakin menurun seiring bertambahnya usia, termasuk kekuatan otot.

Bahkan, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Japan Geriatrics Society pada 2013 menunjukkan, usia 40 tahun adalah awal di mana orang dewasa akan kehilangan massa otot maksimal sebanyak 8 persen setiap dekadenya.

Massa otot yang hilang berpotensi meningkat menjadi 15 persen setelah menginjak usia 70 tahun.

Kebanyakan dari kita mungkin hanya berpikir, bahwa masalah otot menyebabkan orang lanjut usia semakin sulit bergerak.

Baca Juga: Sering Dianggap Hal Biasa, Kuku Bergaris hingga Mata Kedutan Ternyata Bisa Jadi Tanda Tubuh Anda Sedang Bermasalah Lho!

Namun, tahukah kamu bahwa masalah otot ini jika dibiarkan dapat menyebabkan radang paru-paru atau pneumonia?

Konsultan geriatri, Dr. dr. C Heriawan Soejono, Sp.PD, K. Ger, M.Epid menjelaskan, hal itu bisa terjadi jika seseorang mengalami penurunan massa otot pada banyak anggota tubuh, termasuk anggota gerak.

Sebab, jika massa otot pada area tubuh tersebut berkurang, kemampuan seseorang untuk menggerakkan area tersebut jika akan melemah.

"Bayangkan kalau kekuatan itu, otot yang mengecil itu, terjadi pada anggota gerak atas, anggota gerak bawah, otot-otot perut, punggung, dada, semuanya berkurang dan kekuatannya jadi semakin berkurang."

Baca Juga: Segera Lunasi Tunggakan Pajak Kendaraan, Kalau Tidak, Kendaraan Tunggak Pajak Dua Tahun Bakal Dilarang Beroperasi!