Find Us On Social Media :

Suhu Tubuhnya Capai 37,5 Derajat Tapi tetap Bekerja, Ini Kasus Pertama Penularan Virus Corona Lewat Uang: Koin Seperti Halnya Uang Kerta Tingkatkan Risiko Terinfeksi

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 28 Februari 2020 | 09:02 WIB

Ilustrasi dokter mencari vaksin virus corona.

Intisari-Online.com - Kasus pertama terinfeksi virus corona, diduga kuat gara-gara tersebar lewat uang.

Hal itu dibenarkan oleh seorang spesialis ahli penyakit menular Jepang.

"Jika Anda menyentuh dengan tangan dengan virus, saya pikir ada risiko infeksi jika orang lain menyentuh tagihan," ungkap Spesialis dalam Penyakit Menular, Hideomi Nakahara PhD kepada Fuji TV, Kamis (27/2/2020).

Penelitian di luar negeri telah menunjukkan bahwa virus influenza pada tagihan uang kertas menurutnya sempat bertahan selama lebih dari dua minggu.

Baca Juga: Lolos dari Maut yang Merenggut 13.000 Jiwa dalam Kondisi Sangat Kelaparan, Inilah Wajah Mengerikan para Penyintas Perang Sipil di Amerika, Kamp untuk Tampung 10.000 Orang Diisi Empat Kali Lipatnya

"Koin, seperti halnya uang kertas, meningkatkan risiko kita terinfeksi apabila menyentuh benda lain dengan tangan," ujar dia.

Di Jepang sejak minggu lalu sudah ada kekhawatiran tentang menyentuh uang tunai saat berbelanja termasuk menyentuh barang belanjaan juga bisa menularkan infeksi virus corona.

Melihat supermarket, setelah pembeli membayar, kebanyakan orang menggunakan tangan mereka menyentuh uang dan belanjaan untuk mengemas makanan.

Baca Juga: Cantik dan Pendiam, Gadis Ini Ternyata Gemar Menculik Pria, Membius, Lalu Memperkosanya, Tapi Salah Satu Korban Malah Katakan, 'Andaikan Tidak Dibius Aku Mau Melakukannya'