Find Us On Social Media :

Penanggulangannya Akan Semakin Sulit, Peneliti Konfirmasi Bahwa Seseorang Bisa Menularkan Virus Corona Meski Tak Tunjukkan Gejala, Wanita Ini Buktinya

By Khaerunisa, Rabu, 26 Februari 2020 | 16:03 WIB

(Ilustrasi) Seorang perawat melayani pasien terinfeksi virus corona

Intisari-Online.com - Selama ini batuk dan demam merupakan gejala yang menjadi patokan masyarakat untuk mendeteksi infeksi virus corona.

Namun, fakta terbaru menunjukkan bahwa seseorang bisa saja menularkan virus ini meski tidak menunjukkan gejala tersebut.

Melansir Businessinsider.sg (25/2/2020), peneliti China telah mengonfirmasi sebuah kasus penularan virus corona atau Covid-19 yang terjadi tanpa gejala.

Yaitu seorang wanita berusia 20 tahun dari Wuhan yang tidak pernah sakit secara fisik, namun kemudian menularkan virus corona ke lima anggota keluarganya.

Baca Juga: 'Bawa Pulang Virus Corona Kembali ke Rumahmu', Seorang Wanita Tersungkur Hingga Menghantam Aspal Setelah Mati-matian Membela Teman Keturunan China-nya yang Diserang Secara Rasis

Studi kasus yang dirilis minggu lalu menjadi bukti pertama bahwa seseorang yang tidak menunjukkan gejala dapat menularkan virus corona kepada orang lain.

Fakta tersebut sontak membuat penanggulangan wabah ini akan semakin sulit.

Penularan asimptomatik (tanpa gejala) yang terjadi pada wanita tersebut menjadi keanehan, namun para ahli kesehatan telah mendokumentasikan contoh lain kasus serupa.

Bukan hanya di China, kasus penularan asimptomatik juga terjadi di negara lain.