Find Us On Social Media :

Berprestasi dan Digadang Bakal Jadi Menteri yang Sukses di Era Jokowi, Sosok Menteri Ini Justru Blak-Blakan Pasrah dan Sebut Tidak Ada Solusi Untuk BPJS Kesehatan

By Afif Khoirul M, Minggu, 26 Januari 2020 | 13:42 WIB

Iuran BPJS Kesehatan naik, layanan turun kelas disediakan

Intisari-online.com  - Pada Rabu (23/10/2019) Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah melantik dokter Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan dalam Kabinet Indonesa Maju periode 2019 - 2024 .

Menurut Jokowi, sosok Terawan memenuhi kriteria sebagai menteri kesehatan, yaitu berpengalaman dalam manajemen anggaran dan personalia di sebuah lembaga.

"Saya lihat dokter Terawan dalam mengelola RSPAD memiliki kemampuan itu. Beliau juga ketua dokter militer dunia. Artinya pengalaman track record tidak diragukan," kata Jokowi dalam dialog bersama awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Presiden Joko Widodo menjelaskan alasannya memilih dokter Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan meski tahu mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu pernah diberi sanksi pelanggaran etik kedokteran.

Baca Juga: Angka Kematian Mencapai 56 dan Pasien Virus Corona Capai 2000, Beijing Konfirmasi Penggunaan Obat anti-HIV di Tiga Rumah Sakit Ini, Sementara Ketiga Negara Adidaya Ini Mulai Amankan Penduduk Mereka

Selain berpengalaman dalam manajemen, Terawan dinilai mampu menangani bencana endemik. Hal ini menjadi pertimbangan karena wilayah Indonesia yang rawan bencana juga tak terlepas dari ancaman penyakit endemik.

Menurut Jokowi, Terawan juga memiliki orientasi preventif atau pencegahan. "Itu yang dititikberatkan. Artinya berkaitan dengan pola hidup sehat, pola makan sehat, bukan titik berat pada mengurusi yang sakit. Jadi membuat rakyat kita sehat," ujar dia.

Setelah dilantik, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, akan menyerahkan gaji pertamanya sebagai menteri kepada BPJS Kesehatan.

Apa alasan Terawan?

Baca Juga: Bak Kiamat Sudah Dekat, Setahun Virus Corona Bisa Musnahkan 65 Juta Manusia di Dunia, Ternyata Kecerobohan China Ini Jadi Biang Keladinya