Find Us On Social Media :

Penelitian: Satu dari Empat Anak Kecanduan Ponsel Pintar, Mereka Cemas dan Stres Bila Terpisah dari Gadget

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 3 Desember 2019 | 17:30 WIB

Para remaja dengan ponselnya.

Intisari-Online.com – Satu dari empat anak-anak dan remaja memiliki hubungan bermasalah dengan smartphone, demikian menurut penelitian.

Anak-anak ini menunjukkan 'penggunaan smartphone yang bermasalah', yang berarti mereka menggunakan perangkat dengan cara yang konsisten dengan kecanduan perilaku, temuan para ilmuwan.

Penelitian ini, oleh para peneliti di King's College London dan diterbitkan dalam BMC Psychiatry.

Dilakukan dengan menganalisis 41 studi yang diterbitkan sejak 2011 tentang penggunaan ponsel cerdas dan kesehatan mental.

Baca Juga: Bisakah Cahaya Biru dari Ponsel Pintar dan Laptop Membuat Kita Buta?

Ini menyimpulkan bahwa antara 10 persen dan 30 persen anak-anak dan remaja menggunakan telepon mereka dengan cara yang tidak berfungsi, yang berarti bahwa rata-rata 23 persen menunjukkan 'penggunaan smartphone yang bermasalah' (PSU).

Para peneliti KCL mendefinisikan PSU sebagai perilaku yang terkait dengan penggunaan ponsel pintar yang memiliki unsur kecanduan,  seperti kecemasan ketika ponsel tidak tersedia atau menyebabkan pengabaian kegiatan lain.

Studi ini juga menyimpulkan bahwa ada hubungan antara PSU dan masalah kesehatan mental seperti kecemasan, stres, kurang tidur dan suasana hati yang tertekan.

Asisten penulis Dr Nicola Kalk dari Institute of Psychiatry, Psychology and Neuroscience (IoPPN), mengatakan, “Smartphone ada di sini untuk tinggal dan ada kebutuhan untuk memahami prevalensi penggunaan smartphone yang bermasalah.”

Baca Juga: Makin Canggih, Kini Ponsel Pintar Bisa Bantu Diagnosa Penyakit di Daerah Terpencil